Luapan Sungai Menutup Akses Jalan Taba Lagan - Pagar Gunung, Ini Tindakan BPBD Bengkulu Tengah

Luapan Sungai Menutup Akses Jalan Taba Lagan - Pagar Gunung, Ini Tindakan BPBD Bengkulu Tengah

ilustrasi--

Luapan Sungai Menutup Akses Jalan Taba Lagan - Pagar Gunung, Ini Tindakan BPBD Bengkulu Tengah

RAKYATBENTENG.COM - Aliran sungai di Desa Lagan Bungin Kecamatan Semidang meluap hingga menutup akses jalan Taba Lagan - Pagar Gunung pada Rabu 22 Mei 2024 sore. Luapan sungai akibat hujan deras yang melanda Kabupaten Bengkulu Tengah. Akibatnya sejumlah pengendara tak bisa melintas dengan leluasa. Termasuk kendaraan milik Dansat Brimob Polda Bengkulu, Kombes Pol Muhammad Fachry, S.H, S.Ik, M.Si terjebak di lokasi tersebut. 

Camat Semidang Lagan, Depi Junaidi, S.IP, M.H mengatakan, hujan deras terjadi dimulai pukul 14.05 WIB hingga menjelang magrib membuat air sungai meluap dan lagi-lagi menutupi akses jalan. Untuk saat ini kondisi air tersebut masih menggenangi jalan setinggi pinggang orang dewasa.

"Airnya deras dan dalam sehingga kami ikut terjebak di lokasi ini tidak bisa melintas. Dansat Brimob Bengkulu pun harus terjebak. Kami berharap ada tindaklanjut dari instansi terkait," ujar Depi.

BACA JUGA:Internet Satelit Starlink Telah Resmi Beroperasi di Indonesia, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

BACA JUGA:Bosan Mendaki Hanya Melihat Kawah? Ini Rekomendasi Gunung Dengan Pemandangan Danau

Terpisah, Dansat Brimob Bengkulu, Kombes Pol Muhammad Fachry, S.H, S.Ik, M.Si meminta untuk seluruh masyarakat agar berhati-hati jika ingin melintasi wilayah tersebut.

"Saya mengimbau untuk seluruh masyarakat yang hendak melintasi di wilayah jalan ini, agar berhatu-hati ataupun memilih menghentikan terlebih dahulu perjalanannya. Saat ini air masih deras," kata Fachry.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bengkulu Tengah Harmen Junaidi, ST. M.A.P melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Andri Edo Saputra, S.Sos mengatakan jika akses jalan Taba Lagan - Pagar Gunung belum aman dilewati pasalnya masih terjadinya banjir yang menutupi akses jalan. Selain itu berdasarkan data terbaru dari BPBD Kabupaten Bengkulu Tengah malam ini untuk korban jiwa hingga malam ini nihil, begitu juga dengan kerusakan sarana dan prasarana sosial maupun masyarakat. 

BACA JUGA:Begini Sikap KPU Kabupaten Bengkulu Tengah dan KPU Provinsi Bengkulu Terkait Putusan MK

BACA JUGA:MK Putuskan Perkara PHPU Pileg DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah Dapil 3, Ini Bunyinya

Saat ini tim BPBD bersama pemdes, TNI, Polri telah di lokasi untuk membantu evakuasi pengendara yang ingin melintas. Sedangkan untuk kondisi jalan raya saat ini sudah bisa dilalui dan dalam kondisi aman untuk dilewati pengendara.

"Penyebab terjadinya banjir akibat gorong-gorong yang tersumbat tumpukan kayu besar dan sampah. Debit air yang lewat gorong-gorong kecil mengakibatkan air meluap ke jalan dan banjir," pungkas Edo.

Sementara itu, tindakan yang akan diambil BPBD Bengkulu Tengah setelah berkoordinasi ke pihak Pemdes,Polsek Karang Tinggi, Babinsa Kecamatan Semidang Lagan dan disepakati pada Sabtu 25 Mei 2024 pukul 08:00 Wib akan dilaksanakan gotong royong pembersihan gorong-gorong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: