Ini Dia Perbedaan Internet Satelit dan Internet Kabel

Ini Dia Perbedaan Internet Satelit dan Internet Kabel

ilustrasi--

BACA JUGA:Tecno Spark 20C: HP Murah Harga Rp1 Jutaan dengan Kamera Keren dan Baterai Besar

BACA JUGA:Catat! Ini Jadwal Pelantikan Calon PPK Pilkada Bengkulu Tengah 2024 Terpilih, Resmi dari KPU

Sinyal televisi juga menggunakan kabel yang sama untuk mengirimkan data. 

Transmisi data lebih cepat dibandingkan panggilan telepon melalui sambungan telepon rumah. Namun kabel fiber lebih cepat dibandingkan kabel coaxsial.

Namun, koneksi Internet satelit tidak ditransmisikan melalui kabel, melainkan melalui gelombang radio. Sebab, jaringan tersebut ditransmisikan dari satelit yang mengorbit Bumi. 

Oleh karena itu, koneksi Internet satelit mungkin dipengaruhi oleh cuaca atau iklim. Antena dapat ditempatkan di lokasi pengguna dan mengirimkan sinyal ke modem pengguna. 

Token ini menjadi koneksi Internet yang siap digunakan. Cuaca buruk dapat menyebabkan masalah pada transmisi sinyal satelit.

BACA JUGA:KPU Umumkan Calon PPK Pilkada Bengkulu Tengah 2024 Terpilih, Ini Dia Nama-namanya

BACA JUGA:Debit Air Sungai Akibat Jalan Lintas Lagan Bungin Tertutup Banjir, Pengendara Sepeda Motor Nyaris Terseret Aru

2.      Kecepatan Internet

Koneksi internet kabel lebih cepat dibandingkan internet satelit. Namun, Internet satelit cukup cepat untuk kebutuhan sehari-hari seperti browsing Internet. 

Namun, Internet satelit memiliki kelemahan dalam hal latensi karena tidak dapat menawarkan latensi yang lebih rendah dibandingkan Internet kabel atau serat optik karena sinyal Internet satelit merambat lebih jauh.

Latensi tinggi ini akan tertunda ketika pengguna mengirim permintaan dan menerima output. 

Misalnya ketika kalian memainkan game tembak-tembakan seperti Valorant, kalian mungkin akan mengalami kendala saat musuh menembak, dan lain-lain. 

Internet satelit sebaguan besar menawarkan kecepatan 25 Mbps hingga 150 Mbps, hal ini berbeda dengan internet kabel yang dapat memberikan kecepatan hingga 2.000 Mbps (2 TB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: