Ini Beberapa Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Puasa Penuh Energi

Ini Beberapa Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Puasa Penuh Energi

ilustrasi--

BACA JUGA:Ini Dia 5 Trend Warna Baju Lebaran 2024, Tampil Stylish dan Elegan

BACA JUGA:Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes, Tidak Dianjurkan Berbuka dengan yang Manis-manis

7. Pisang

Pisang merupakan buah bertepung yang memberikan energi ekstra dibandingkan buah lainnya. Selain itu, pisang juga mengandung gula alami yang dapat dengan cepat diubah tubuh menjadi energi. Tidak mengherankan jika pisang menjadi camilan yang enak untuk melancarkan puasa Anda.

Namun indeks glikemik pisang tidak terlalu tinggi dan Anda tidak mudah pingsan setelah memakannya. Pisang juga dianggap sebagai buah kaya potasium, yang membantu mengontrol tekanan darah.

8. Semangka

Saat sahur, Anda bisa mengonsumsi semangka sambil berpuasa untuk mengisi kembali cairan tubuh. Sepotong semangka seberat 152 gram mengandung 139 gram air yang cukup membantu menghidrasi tubuh selama berpuasa.

Semangka juga kaya akan gula alami yang dapat dengan cepat mengisi tubuh dengan energi. Meski kandungan gula alaminya sangat tinggi, namun buah ini aman bagi penderita diabetes. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan gula yang relatif rendah sehingga tidak bisa mengontrol kadar gula darah.

BACA JUGA:Terjangkau! Cukup Modal 1 Juta, 3 Ide Bisnis Ini Auto Cuan Saat Bulan Ramadan

BACA JUGA:Lowong Rekrutmen Bersama BUMN 2024: Jasa Marga Buka untuk Lulusan S1/D4, Cek Posisinya

9. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Anda bisa mengonsumsi kacang tanah, kacang merah, dan kedelai sebagai camilan. Makanan sahur ini kaya akan serat dan membantu Anda menjaga perut kenyang lebih lama. Selain itu, kacang-kacangan kaya akan protein yang mampu mengendalikan nafsu makan. 

Asupan ini juga kaya akan polifenol, atau senyawa khas tumbuhan dengan sifat antioksidan. Polifenol membantu melawan radikal bebas, yang dapat meningkatkan risiko penyakit kronis. Kacang juga menjaga lapisan pelindung di usus, yang pada gilirannya menyeimbangkan bakteri di usus. Keseimbangan bakteri menjaga kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan selama berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: