Wow, Buah dari Padang Pasir Ini Mengandung Khasiat Mengagumkan, Salah Satunya Cegah Penyakit Kronis

Wow, Buah dari Padang Pasir Ini Mengandung Khasiat Mengagumkan, Salah Satunya Cegah Penyakit Kronis

Ilustrasi kurma ajwa--

Wow, Buah dari Padang Pasir Ini Mengandung Khasiat Mengagumkan, Salah Satunya Cegah Penyakit Kronis

RAKYATBENTENG.COM - Kurma Ajwa atau Kurma Nabi merupakan jenis kurma yang populer termasuk di Tanah Air. Selain rasanya yang manis, Kurma Ajwa memiliki tekstur yang lembut. 

Selain alasan tersebut, dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah kurma ajwa mengandung 44-88 % karbohidrat, protein 2,3-5,6 %, lemak 0,2-0,5 %, garam mineral, dan vitamin serta kandungan gula baik glukosa maupun fruktosa dalam buah kurma ajwa terdapat dalam kadar yang seimbang, sementara untuk vitamin C, vitamin A dan tanin memiliki konsentrasi yang tidak kalah tinggi jika dibandingkan dengan jenis kurma yang lain.

Kandungan polifenol yang ada di dalam kurma ajwa memiliki fungsi sebagai antioksidan yang kandungannya lebih tinggi dibanding buah buahan kering lainnya. Kandungan polifenol dalam kurma Ajwa sebesar 455,88 mg/100 g lebih besar dibandingkan dengan kurma jenis lain. 

Berdasarkan penelitian kurma ajwa memiliki fungsi sebagai tissue protective effect karena kandungan antioksidan yang tinggi. Dalam penelitian dibuktikan bahwa kandungan selenium dalam kurma yang rendah dapat menjadi antimutagenik dalam melawan mutagen dan karsinogen.

Berikut sederet manfaat kurma ajwa yang dilansir dari tribratanews.polri.go.id

1. Mengatasi sembelit

Perubahan pola makan selama berpuasa dapat memicu terjadinya sembelit. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan tinggi serat, termasuk kurma ajwa, setiap berbuka puasa dan sahur.

Tak hanya kaya serat, buah ini juga mengandung prebiotik dan antioksidan polifenol yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

2. Menambah energi

Berkat kandungan gula dan kalorinya yang cukup tinggi, kurma ajwa memang layak dikonsumsi sebagai santapan untuk menemani ibadah puasa. Gula dan kalori yang tinggi ini bisa menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh selama berpuasa, sehingga kamu jadi tidak mudah lelah dan tetap semangat berpuasa.

Belum lagi karena kandungan seratnya yang tinggi, kurma ajwa juga bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Jadi, kamu bisa mengatur nafsu makan dan lebih lancar berpuasa.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Tengah Buka 2.009 Formasi CASN 2024, Sekda Rachmat Terbitkan Edaran, Ini Isinya

BACA JUGA:Lulusan SMA dan SMK Yuk Merapat! Cek Daftar Lowong Rekrutmen Bersama BUMN 2024, Ada PNM Hingga Pertamina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: