Wow, Buah dari Padang Pasir Ini Mengandung Khasiat Mengagumkan, Salah Satunya Cegah Penyakit Kronis

Wow, Buah dari Padang Pasir Ini Mengandung Khasiat Mengagumkan, Salah Satunya Cegah Penyakit Kronis

Ilustrasi kurma ajwa--

BACA JUGA:Cegah Dehidrasi Saat Puasa dengan Minum Air Putih 8 Gelas Perhari, Simak Waktu Terbaiknya

3. Memperkuat imunitas tubuh

Senyawa antosianin tak hanya memberikan kurma ajwa warna cokelat kehitaman, tetapi juga mampu memperkuat imunitas tubuh. Antioksidan pada kurma ajwa, seperti antosianin dan polifenol, diketahui dapat meredakan peradangan dan meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dalam melawan kuman dan virus penyebab penyakit.

Tak hanya itu, manfaat kurma ajwa untuk daya tahan tubuh ini juga didukung oleh kandungan vitamin A, vitamin C, serta zinc di dalamnya.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Walaupun rasanya manis, manfaat kurma ajwa bisa untuk mengendalikan kadar gula darah, lho. Hal ini berkat senyawa polifenol yang mampu mencegah lonjakan kadar gula darah setelah makan. Dengan begitu, kadar gula dalam darah tetap stabil.

Bahkan menurut penelitian, konsumsi makanan yang kaya akan polifenol, seperti kurma ajwa, secara rutin turut berkontribusi dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Namun, buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan, ya. Ini karena kurma ajwa mengandung gula yang tinggi dan nilai indeks glikemiknya sedang. Jika dimakan berlebihan, hal ini justru bisa membuat kadar gula darah naik.

5. Mencegah pikun

Manfaat lain kurma ajwa mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan otak.

Antioksidan sendiri diketahui mampu menjaga aliran darah ke otak tetap lancar, serta memelihara sel saraf yang berfungsi untuk mengontrol daya ingat dan fokus. Hal inilah yang membuat kurma ajwa bisa mencegah pikun.

6. Mencegah penyakit kronis

Kurma ajwa termasuk jenis buah dengan antioksidan tertinggi. Antioksidan, seperti polifenol dan antosianin, dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas berlebih.

Bila berlebihan, radikal bebas akan merusak sel-sel tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Untuk manfaat kurma ajwa yang lebih optimal, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya antioksidan lainnya, seperti buah beri, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: