21 Februari Diperingati Sebagai Hari Apa Ya? Simak Penjelasan dan Sejarahnya

21 Februari Diperingati Sebagai Hari Apa Ya? Simak Penjelasan dan Sejarahnya

ilustrasi--

Dilansir dari situs resmi United Nations, tema peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional Tahun 2024 adalah "Multilingual education a pillar of learning and intergenerational learning". Tema tersebut diusung dengan semangat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang betapa pentingnya bahasa asli. Multibahasa yang dimiliki membuat masyarakat menjadi inklusif dan membantu melestarikan bahasa asli, minoritas, dan bahasa non-dominan.

BACA JUGA:Ramadan 2024 Sebentar Lagi, Kemenag Telah Tetapkan 134 Titik Pemantauan Hilal, Berikut Lokasinya

BACA JUGA:Logistik Pemilu Nginap di Depan Kantor Bawaslu Bakal ke DKPP, Ketua KPU Bengkulu Tengah Sulit Dihubungi

2. Hari Peduli Sampah Nasional

Di Indonesia, pada tanggal 21 Februari juga diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Ide peringatan ini dicetuskan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Pemilihan tanggal tersebut dipilih karena untuk mengenang peristiwa yang terjadi di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005 silam.

Peristiwa yang terjadi di TPA Leuwigajah yang meledak dan longsor akibat kesalahan dalam pengelolaan TPA. 

Peristiwa yang terjadi pada pukul 02.00 WIB dinihari tersebut menyebabkan dua desa di Cimahi, yaitu Cilimus dan Pojok tertimpa longsoran sampah dan memakan korban sebanyak 157 orang tewas.

Dilansir dari situs Indonesia.go.id, peristiwa meledaknya TPA Leuwigajah ini membuka mata semua pihak tentang betapa pentingnya pengelolaan sampah harus dilakukan sebagaimana mestinya. 

Sejak saat itu, para pemangku kepentingan terus mencari cara untuk menguraikan sampah-sampah yang telah menggunung hingga belasan meter. 

BACA JUGA:8 Manfaat Luar Biasa dari Jus Lidah Buaya, Nomor 6 Tak Disangka

BACA JUGA:Apa Manfaat Berinvestasi di Tabungan Berjangka? Ini Penjelasannya

Bahkan pemandangan sampah yang menggunung tersebut dapat dilihat juga TPA Cireundeu, Bantargebang, bahkan juga hampir terjadi di TPA seluruh Indonesia.

Penetapan Hari Peduli Sampah Nasional yang di peringati setiap tanggal 21 Februari setiap tahunnya bertujuan meningkatkan kesadaran semua pihak tentang pentingnya pengelolaan sampah.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: