AMAZING! 4 Geopark Indonesia Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark, Total Sudah 10 Geopark, Apa Saja?

AMAZING! 4 Geopark Indonesia Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark, Total Sudah 10 Geopark, Apa Saja?

raja ampat--

RAKYAT BENTENG.COM - Empat Geopark Indonesia resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Penetapan sendiri berdasarkan putusan Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-216 di Paris. 

Sebelumnya, sudah ada enam geopark di Indonesia yang masuk dalam jaringan UNESCO Global Geopark yakni:  Geopark Batur (2012), Geopark Gunung Sewu (2015), Gunung Rinjani (2018), Geopark Ciletuh (2018), Geopark Belitung (2020), dan Kaldera Danau Toba (2020).  

Hingga saat ini total ada 10 geopark di Indonesia yang masuk dalam jaringan UNESCO Global Geopark.

Dikutip dari laman UNESCO, UNESCO Global Geopark adalah sebuah wilayah geografis di mana situs dan lanskap yang menjadi aset geologis internasional dikelola dengan konsep konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat secara terpadu. 

Apa sajakah 4 geopark di Indonesia yang berhasil masuk dalam jaringan UNESCO Global Geopark? berikut ulasannya dilansir dari laman kemenparekraf.go.id 

Ijen Geopark

Terletak di Jawa Timur, Ijen menjadi salah satu geopark di Indonesia yang masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark. Daya tarik geopark Ijen adalah keunikan pada geologi, biologi, budaya, serta fenomena alam blue fire di kawasan Gunung Ijen yang telah mendunia. 

Geopark yang secara administratif terletak di dua wilayah, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini memiliki danau paling asam di dunia. Ditambah lagi, geopark Ijen memiliki 14 jenis flora, 27 jenis fauna, serta 6 jenis mamalia. 

Maros Pangkep Geopark

Selanjutnya adalah geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan. Geopark Maros Pangkep memiliki lanskap kelas dunia dengan tipe tower karst, yang menjulang tinggi dan tersusun dari bebatuan gamping yang khas.

BACA JUGA:INFO PENTING! OJK Buka Lowongan Banyak Posisi, Ditutup Tanggal 5 September, Link Pendaftaran Hanya di Sini

BACA JUGA:Hati-Hati Ketipu, Berikut 102 Pinjol Terdaftar dan Diawasi OJK

Keunikan Geopark Maros Pangkep bukan sekadar memiliki lanskap karst kelas dunia. Geopark yang juga dikenal sebagai kawasan karst terbesar ke-2 di dunia, setelah Cina Selatan, memiliki flora dan fauna serta nilai-nilai ilmiah dan sosial budaya yang tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: