Apa Manfaat Berinvestasi di Tabungan Berjangka? Ini Penjelasannya

Apa Manfaat Berinvestasi di Tabungan Berjangka? Ini Penjelasannya

ilustrasi--

Apa Manfaat Berinvestasi di Tabungan Berjangka? Ini Penjelasannya

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Meningkatnya tingkat kesadaran kita akan penting berinventasi membuat banyak investor-investor pemula yang cukup bingung harus berinvestasi dimana. Apalagi saat ini layanan dan ruanglingkup investasi sudah sangat banyak dan luas. 

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas intrumen investasi aman bagi para investor pemula, salah satunya adalah tabungan berjangka. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Tabungan berjangka merupakan jenis tabungan dengan jangka waktu tertentu yang sudah disepakati, ada yang mulai dari 6 bulan hingga 20 tahun. 

Ketentuan besaran jumlah nominal serta durasi tabungan telah disepakati di awal antara nasabah dan pihak bank sehingga tabungan ini tidak dapat ditarik begitu saja.  

Jika kita mengambil sebelum jatuh tempo, maka nasabah bisa dikenai sejumlah denda pembayaran yang harus diberikan ke pihak bank.

BACA JUGA:UPDATE 19 Februari 2024 Perolehan Suara Pilpres di Bengkulu Tengah: Prabowo-Gibran Sapu Bersih Kemenangan

BACA JUGA:Pleno 11 Kecamatan di Kabupaten Bengkulu Tengah Digelar Serentak, Ini Jadwalnya

Untuk setoran dalam tabungan berjangka, biasanya nasabah bisa memulai setoran bulanan minimum Rp 100.000 hingga Rp 500.000 hal ini tentunya disesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank. 

Salah satu daya tarik tabungan berjangka karena tingkat bunganya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa.

Selain itu, sistem debit otomatis atau auto debet yang memudahkan nasabah untuk menabung. Jadi bisa kita katakan tabungan berjangka termasuk mudah untuk dilakukan oleh pemula sekalipun, karena tidak perlu menyetor secara manual setiap bulannya.

Selain kita mendapatkan bunga yang tinggi, kita juga membiasakan diri untuk disiplin dalam menabung karena dana tidak dapat ditarik sewaktu-waktu. 

Dana tabungan juga terjamin aman karena bank biasanya merupakan peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga menabung dengan program tabungan berjangka berarti uang dijamin LPS.

BACA JUGA:Ternyata Logistik Pemilu Sempat Nginap di Depan Kantor Bawaslu Bengkulu Tengah, Nasirwandi: Emang Boleh?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: