21 Februari Diperingati Sebagai Hari Apa Ya? Simak Penjelasan dan Sejarahnya

21 Februari Diperingati Sebagai Hari Apa Ya? Simak Penjelasan dan Sejarahnya

ilustrasi--

21 Februari Diperingati Sebagai Hari Apa Ya? Simak Penjelasan dan Sejarahnya

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Ada yang tahu hari ini tanggal 21 Februari memperingati apa saja? Diketahui ada dua peringatan nasional dan internasional yang selalu diperingati pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya loh.

Kedua peringatan yang diperingati berbarengan tersebut adalah Hari Bahasa Ibu Internasional atau International Mother Language Day. Sedangkan untuk peringatan nasional dikenal sebagai Hari Peduli Sampah Nasional.

Kedua hari peringatan tersebut tentunya memiliki sejarah dan tujuan masing-masing. 

Berikut sejarah hingga tujuan dari ditetapkannya Hari Bahasa Ibu Internasional dan Hari Peduli Sampah Nasional pada tanggal 21 februari yang sudah kami rangkum.

1. Hari Bahasa Ibu Internasional

Hari Bahasa Ibu Internasional merupakan peringatan yang dilakukan seluruh masyarakat di dunia setiap tanggal 21 Februari. Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional tersebut berawal dari gerakan bahasa di Benglali di Pakistan Timur.

BACA JUGA:Rugikan Negara Rp1,6 Miliar, Mantan Pejabat Bengkulu Tengah Kenakan Baju Tahanan, Kedua Tangan Diborgol

BACA JUGA:Sempat Ditunda 1 Jam, Pleno Rekapitulasi di Kecamatan Pondok Kelapa Dilanjut

Kemudian negara Bangladesh mengusulkan ke Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) oleh Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada November 1999. 

Inisiasi yang dilakukan negara Bangladesh pun mendapatkan sambutan sangat baik oleh Majelis Umum PBB, yang kemudian dituangkan dalam resolusinya pada tahun 2022.

Tujuan peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional sendiri untuk mengkampanyekan tentang pentingnya melestarikan bahasa ibu atau bahasa daerah. 

Hal ini karena bahasa Ibu merupakan bahasa pertama yang dipelajari setiap manusia sejak lahir secara alamiah dan menjadi dasar pembelajaran dalam hal komunikasi.

Bahasa Ibu dapat kita pelajari dari interaksi yang dilakukan  dilingkungan dekat seperti keluarga. Bahasa Ibu sendiri dapat juga berupa bahasa daerah, bahasa nasional, dan bahasa internasional yang menjadi bahasa asli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: