Tekanan Darah Anda Sering Naik? Berikut Beberapa Buah Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan Darah Anda Sering Naik? Berikut Beberapa Buah Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah

ilustrasi--

Tekanan Darah Anda Sering Naik? Berikut Beberapa Buah Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Hipertensi adalah kondisi yang terjadi dalam jangka panjang, dimana tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan banyak komplikasi, mulai dari stroke hingga serangan jantung. 

Untuk mencegah komplikasi tersebut, hipertensi perlu dikendalikan dengan menerapkan pola hidup sehat yang dilakukan secara konsisten. 

Salah satunya dapat dilakukan dengan memilih makanan yang sehat.

Meskipun sebenarnya tidak ada makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat, tapi setidaknya ada beberapa makanan yang baik untuk penurun darah tinggi bagi penderita hipertensi. 

Dikutip dari situs resmi Alodokter.com setidaknya ada 6 makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Sejumlah Oknum Pelajar SMA Ternama di Bengkulu Tengah Berurusan dengan Polisi, Kasus Apa?

BACA JUGA:Calon Jemaah Haji Simak, Ini Dia Rencana Perjalanan Haji 2024, Pemberangkatan ke Arab Saudi Dimulai pada

1. Ikan salmon, merupakan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, kandungan lemak sehat ini diklaim dapat menurunkan tekanan darah dengan menekan peradangan dalam tubuh serta menurunkan kadar senyawa oxylipin yang dapat menyempitkan pembuluh darah.

2. Sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli yang merupakan sayuran hijau yang mengandung beragam nutrisi, mulai dari serat, antioksidan, kalium, kalsium, magnesium, hingga potassium. 

Macam-macam kandungan nutrisi ini dapat mendukung kesehatan dan fungsi dari pembuluh darah, sehingga dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah.

3. Wortel, beberapa studi menjelaskan kandungan senyawa fenolik yang terkandung dalam wortel dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Senyawa ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi wortel yang sudah dimasak atau mentah, tapi mengonsumsi wortel secara mentah dinilai dapat membantu penurunan tekanan darah lebih baik.

4. Buah bit, memang dikenal memiliki sifat menurunkan tekanan darah karena mengandung nitrat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: