Beberapa Hal Tak Terduga Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, Apa Saja Itu?

Beberapa Hal Tak Terduga Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, Apa Saja Itu?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja, mulai dari usia muda hingga orang lanjut usia --Foto: https://www.honestdocs.id--

RAKYATBENTENG.COM - Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja, mulai dari usia muda hingga orang lanjut usia. 

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah sistolik lebih besar atau sama dengan 140 mmHg dan tekanan diastolik lebih besar atau sama dengan 90 mmHg.

Tekanan darah biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak sehat, kelebihan berat badan, dan faktor genetik. Namun, selain faktor-faktor tersebut, ada beberapa faktor tak terduga yang bisa meningkatkan tekanan darah.

BACA JUGA:Jalan Alternatif Desa Tanjung Raman Rampung Dibangun, Begini Dampak Dirasakan Masyarakat Saat Ini

BACA JUGA:Tips Sederhana Berikut Bisa Dicoba untuk Melatih Fokus Anak ADHD

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Beberapa kebiasaan berikut yang mungkin tidak Anda sadari bisa meningkatkan tekanan darah Anda. Menurut American Association of Retired Persons (AARP), hal-hal berikut ini dapat meningkatkan tekanan darah:

1. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang terjadi ketika pernapasan berhenti sejenak dan berulang sepanjang malam. Kondisi ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi tekanan darah. 

Donald Lloyd-Jones, seorang dokter di Departemen Pengobatan Pencegahan di Universitas Northwestern, menjelaskan bahwa ketika seseorang dengan apnea tidur berhenti bernapas, otak akan turun tangan untuk membangunkan tubuh dan membiarkannya kembali bernapas.

BACA JUGA:Promo HokBen Payday Akhir Bulan Hingga 30 September 2024, Paket Lengkap Mulai dari Rp38 Ribuan

BACA JUGA:Benarkah Kelainan Jantung Bawaan Bisa Mengganggu Perkembangan Anak?

Menjaga tubuh tetap terjaga di tengah tidur untuk membuka saluran pernafasan merupakan tugas yang sulit bagi pembuluh darah. 

Selain itu, sleep apnea menyebabkan Anda tidur nyenyak. Akibatnya, seseorang bisa menjadi stres dan tekanan darah pun meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: