Berwisata di Alam Bisa Memberikan Manfaat Kesehatan? Yuk Simak Penjelasannya

Berwisata di Alam Bisa Memberikan Manfaat Kesehatan? Yuk Simak Penjelasannya

ilustrasi--

Berwisata Dialam Bisa Memberikan Manfaat Kesehatan? Yuk Simak Penjelasannya

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Berwisata sambil healing saat ini telah menjadi tren khususnya dikalangan anak muda. 

Tapi benar enggak sih, kalau melakukan perjalanan wisata alam berdampak pada kesehatan kita? 

Dikutip Health Line ternyata menghabiskan waktu di luar ruangan selama 30 menit saja bisa menurunkan tekanan darah hampir 10%. 

Berarti dengan melakukan aktivitas diluar ruangan atau hanya berjalan-jalan menikmati udara segar di luar, ternyata sudah meningkat kesehatan. 

Apalagi jika perjalanan wisata dilakukan di kawasan alam terbuka tentunya dapat menjaga kesehatan serta meningkatkan suasana hati hingga mengurangi risiko penyakit. 

BACA JUGA:6 Kota Terindah di Indonesia yang Kaya Budaya dan Wisata versi Wisatawan Mancanegara, Adakah Kotamu?

BACA JUGA:Sejumlah Oknum Pelajar SMA Ternama di Bengkulu Tengah Berurusan dengan Polisi, Kasus Apa?

Berikut manfaat yang bisa kita dapatkan saat menghabiskan waktu di alam. 

1. Mengurangi Stres, saat kita merasa bosan, stres, cemas dan depresi kita pasti pernah disarankan untuk mencari udara segar. 

Hal ini berarti jika kita meluangkan waktu sejenak di alam dapat menenangkan otak dan pikiran dari hal-hal yang membuat kita depresi, stres dan cemas. 

Bahkan keluar rumah saja bisa menjadi cara yang bagus untuk memulihkan tenaga dan mengalihkan pikiran dari tugas-tugas yang menguras mental. 

Frontiers of Psychology pada tahun 2019 dalam penelitiannya menemukan bahwa 20 menit di luar ruangan, baik saat berolahraga atau hanya duduk, dapat menurunkan kadar hormon stres secara signifikan. 

Sejumlah penelitian juga mencatat tingkat stres, depresi, dan kecemasan seseorang  akan lebih rendah saat menghabiskan waktu di hutan dan kawasan alam dibandingkan dengan mereka yang berjalan di lingkungan perkotaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: