Merasa Ngantuk Berat Tapi Tidak Bisa Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami Ini

Merasa Ngantuk Berat Tapi Tidak Bisa Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami Ini

ilustrasi--

RAKYATBENTENG.COM - Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada merasa lelah dan mengantuk tetapi sulit tidur. Padahal, jika tidak tidur di malam hari, Anda akan mudah lelah, mudah depresi, dan cemas keesokan harinya. Hal ini dapat menyebabkan perubahan negatif pada insomnia dan stres. 

Ada banyak alasan kenapa Anda bisa tidur tapi tidak bisa tidur. Mengetahui dan mengidentifikasi faktor-faktor ini merupakan langkah penting untuk mendapatkan tidur yang lebih baik dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

1. Tidur Siang

Tidur bukanlah kebiasaan buruk. Faktanya, ia memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, kurang tidur bisa membuat Anda sulit tidur di malam hari. 

Penelitian menunjukkan bahwa tidur terlalu banyak dan terlambat dapat menyebabkan tidur lebih lama, kurang tidur, dan lebih banyak terbangun di malam hari. Tidur lebih banyak di malam hari. Sebaiknya tidur selama 20 hingga 30 menit dan pada waktu yang sama setiap hari.

2. Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan berdampak signifikan pada kehidupan kita sehari-hari, termasuk masalah tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak orang yang khawatir sibuk di malam hari, merenungkan masa lalu dan berpikir negatif tentang masa depan.

Kecemasan di malam hari dapat mengganggu jam biologis internal 24 jam, atau ritme sirkadian Anda. Akibatnya, hormon kortisol dan melatonin diproduksi secara berbeda. Perubahan fisiologis ini membuat Anda tetap terstimulasi dan waspada, yang mungkin menjelaskan mengapa Anda merasa lelah tetapi tidak bisa tidur.

3. Insomnia

Insomnia adalah kesulitan memulai tidur, tidur terus-menerus, atau kesulitan tertidur. Faktor penyebab insomnia berkisar dari rasa sakit setelah operasi hingga stres karena kehilangan pekerjaan. Insomnia kronis sering terjadi. Berikut ini beberapa hal yang paling sering memicu insomnia kronis:  

·       Genetik seperti memiliki orang tua dengan masalah tidur.

·       Memiliki gangguan kesehatan mental tertentu.

·       Merawat bayi baru lahir.

·       Kehilangan pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: