COVID-19 Kembali Mengancam, Kemenkes Terbitkan Edaran, Dinas Kesehatan Wajib Simak

COVID-19 Kembali Mengancam, Kemenkes Terbitkan Edaran, Dinas Kesehatan Wajib Simak

--

COVID-19 Kembali Mengancam, Kemenkes Terbitkan Edaran, Dinas Kesehatan Wajib Simak

RAKYAT BENTENG.COM - Di tengah kasus COVID-19 yang kembali melonjak, Kementerian Kesehatan RI sangat merekomendasikan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi. Apalagi momentum perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang membuat mobilitas masyarakat semakin tinggi.

Mengamati perkembangan COVID-19 belakangan ini, dimana telah terjadi peningkatan kasus di sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia sendiri 

Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan COVID-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia, menindaklanjuti hasil rapat pimpinan pada tanggal 6 Desember 2023 tentang Update COVID-19 yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan RI, bersama ini disampaikan beberapa hal terkait kewaspadaan terhadap peningkatan kasus COVID-19 sebagai berikut : 

1. Mengamati perkembangan COVID-19 belakangan ini, bahwa telah terjadi peningkatan kasus COVID-19 di sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Filipina termasuk Indonesia, sehingga diperlukan kewaspadaan agar COVID-19 tidak meluas. 

2. Pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular COVID-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara, sehingga perlu dipastikan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan sehingga tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan maupun ketika kembali ke tanah air. Sehingga sangat direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan. 

BACA JUGA:VIRAL Pernikahan Sesama Jenis, Tiga Kali Permohonan Ditolak KUA, Begini Kronologisnya

BACA JUGA:Kasus COVID-19 Kembali Meningkat, Masyarakat Diminta Segera Vaksinasi, Gratis

BACA JUGA:Siapa Sangka, Terwujudnya Jalan Mulus di Desa Panca Mukti Ada Andil Sosok Satu Ini

3. Perlu diupayakan agar tingkat imunitas masyarakat tetap tinggi dengan memastikan tersedianya pelayanan vaksinasi COVID-19. Untuk itu mohon Saudara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memastikan: 

a. Semua Puskesmas dan Fasyankes lainnya yang berada di wilayah kerjanya tetap memberikan pelayanan Vaksinasi COVID-19 

b. Vaksin dan logistik lainnya cukup tersedia 

c. Masyarakat terinfo dengan baik dimana mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: