Peringatan dan Peristiwa Apa Saja Yang Pernah Terjadi Tanggal 2 Maret?

Peringatan dan Peristiwa Apa Saja Yang Pernah Terjadi Tanggal 2 Maret?

ilustrasi--

Peringatan dan Peristiwa Apa Saja Yang Pernah Terjadi Tanggal 2 Maret?

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Tanggal 2 Maret, menjadi peringatan untuk kasus pertama virus corona di Indonesia. Selain itu, tanggal 2 Maret juga merupakan hari yang patut dirayakan. 

Berikut rincian acara dan perayaan yang akan berlangsung pada tanggal 2 Maret 2024. 

1. Peringatan kasus pertama virus corona di Indonesia

Empat tahun lalu, penemuan penyakit baru bernama virus corona atau biasa dikenal dengan COVID-19 mengejutkan dunia. Penyakit ini pertama kali masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020, dengan kasus pertama dilaporkan di negara tersebut. 

Kasus pertama ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan Trawan Agus Putranto, Menteri Luar Negeri Platykono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anon.

Ada dua orang yang tertular, seorang ibu (64 tahun) dan putrinya (31 tahun) di Depok, Jawa Barat. Keduanya tertular dari warga negara Jepang yang tiba di Indonesia pada Februari 2020. 

BACA JUGA:Resmi! 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada Tanggal Segini, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

BACA JUGA:Razia Besar-besaran Mulai 4 Maret 2024, Cek di Sini Pelanggaran yang Jadi Target

Pada 10 Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia juga menyatakan COVID-19 sebagai pandemi global. Pandemi telah mengubah cara hidup di Indonesia dan dunia. Virus ini telah memakan banyak korban jiwa.

Pada bulan Mei 2023, Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa COVID-19 tidak lagi merupakan darurat kesehatan global. Organisasi Kesehatan Dunia menyebutkan pandemi Covid-19 telah merenggut nyawa 6,9 juta orang di seluruh dunia. 

2. Hari Penyelamatan Kucing Sedunia

Tanggal 2 Maret juga merupakan Hari Penyelamatan Kucing Sedunia. Mengutip Nation Today, Hari Penyelamatan Kucing Sedunia diperingati untuk mengingatkan masyarakat betapa istimewa dan pentingnya mengadopsi kucing liar. Peringatan ini dikeluarkan pada tahun 1867 oleh Henry Berg.

Henry Berg adalah anggota Masyarakat Amerika untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan (A.S.P.C.A.), sebuah organisasi yang mencegah kekejaman terhadap hewan. Hari Penyelamatan Kucing Sedunia harus menjadi insentif untuk mendorong masyarakat membantu kucing terlantar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: