Puisi Palestina Saudaraku Karya Retno Marsudi: Aku dan Indonesiaku Pantang Mundur akan Terus Membantumu

Puisi Palestina Saudaraku Karya Retno Marsudi: Aku dan Indonesiaku Pantang Mundur akan Terus Membantumu

--

Puisi "Palestina Saudaraku" Karya Retno Marsudi: Aku dan Indonesiaku Pantang Mundur akan Terus Membantumu

RAKYAT BENTENG.COM - Diperkirakan jutaan massa membanjiri lapangan Monas, Jakarta Pusat pagi ini Minggu 5 November 2023 menghadiri gelaran Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina

Masaa yang hadir sebagian besar berasal dari organisasi lintas agama seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Parasida Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan organisasi keagamaan lainnya.

Salah satu sosok yang menyedot perhatian adalah Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Mengenakan pakaian serba putih Retno turut hadir bersama dengan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Wakil Ketua DPD RI Sylviana Murni, Ahmad Syaikhu, Jusuf Kalla, Din Syamsuddin, Cholil Nafis dan Anies Baswedan.

Sebelum Retno menyampaikan orasinya, penyelenggara acara sempat menayangkan video pernyataan Retno Marsudi di sidang PBB yang viral dan menuai pujian. Dimana dengan lantang Retno mewakili Pemerintah RI meminta penjajahan Israel di tanah Palestina dihentikan. 

Dalam orasinya di atas panggung Retno kembali menegaskan posisi Indonesia yang mendukung penuh perjuangan bangsa Palestina. Retno juga mengumumkan bahwa bantuan tahap 1 untuk rakyat Palestina sudah diberangkatkan, dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Ini bukan hanya bantuan dari pemerintah tetapi dari seluruh masyarakat Indonesia. Yang disalurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan. Terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia. Dan bantuan selanjutnya akan dipersiapkan," ungkap Retno dikutip dari tayangan YouTube TVMUI. 

BACA JUGA:Pelepasan Bantuan Kemanusiaan ke Palestina oleh Presiden Jokowi Turut Dihadiri Selebriti dan Influencer

BACA JUGA:Serangan Israel ke Gaza Telah Menewaskan 9.227 Orang, 3.826 Diantaranya Anak-Anak

Selanjutnya Retno meminta izin kepada seluruh yang hadir untuk dirinya membacakan puisi berjudul Palestina Saudaraku. Puisi tersebut adalah karyanya sendiri yang ia buat sebelum menghadiri aksi. 

Berikut puisi karya Menlu Retno yang menyulut keharuan sekaligus membakar semangat,

Palestina Saudaraku

Karya Retno Marsudi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: