3 Fakta Unik Danau Biru di Desa Talang Boseng Bengkulu Tengah yang Lagi Viral

3 Fakta Unik Danau Biru di Desa Talang Boseng Bengkulu Tengah yang Lagi Viral

--

3 Fakta Unik Danau Biru di Desa Talang Boseng Bengkulu Tengah yang Lagi Viral 

RAKYAT BENTENG.COM - Nama Desa Talang Boseng mendadak terkenal, menghiasi media sosial maupun media mainstream mulai lokal hingga nasional. Ketenaran desa yang berada di Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu itu seiring dengan penemuan telaga atau disebut warga setempat sebagai danau yang airnya berubah berwarna biru. Dan hingga kini airnya belum berubah, masih biru. 

Sejak ditemukan pertama kali dan tersiar ke publik pada Kamis 26 Oktober 2023 lalu warga terus berdatangan untuk menyaksikan secara langsung fenomena alam yang lagi viral tersebut. Meski lokasinya di tengah perkebunan sawit yang kondisi jalannya masih tanah, pengunjung tetap antusias. 

Berikut sejumlah fakta unik seputar danau biru yang dirangkum oleh rakyatbenteng.disway.id: 

1. Penyebab Air Danau Biru Masih Misteri

Penyebab perubahan warna pada air danau hingga kini belum diketahui. Bahkan sang empunya kebun yang tidak lain Kades Talang Boseng Iskandar mengaku heran, bagaimana air danau berubah menjadi warna biru. Padahal sejak ia memiliki kebun sawit tersebut warna air jernih seperti air telaga pada umumnya. 

"Sebelum magrib (Kamis 26 Oktober 2023) kami baru mengetahuinya saat sedang panen. Kami sendiri heran kenapa airnya berubah warna biru. Seluruhnya jadi warna biru hingga ke tepi. Kami tidak tahu fenomena apa yang membuat air danau menjadi biru, ini baru pertama," terang Iskandar. 

Saking penasaran untuk membuktikan spekulasi bahwa warna biru pada air dikarenakan tumpahan pewarna atau bahan kimia lain sempat dilakukan percobaan dengan mencelupkan pakaian berwarna putih. 

Andai spekulasi itu benar, penyebab birunya air karena tercemar oleh pewarna tentu pakaian putih akan berubah juga menjadi biru. Namun ternyata hasilnya warna putih pada pakaian tidak berubah setelah dicelupkan ke air.

Pihak Puskesmas setempat diketahui telah mengambil sampel air untuk dicek di laboratorium di Kota Bengkulu. Hingga kini belum diketahui hasil pengecekkannya. 

2. Dilarang Dikonsumsi, Pengunjung Masih Nekat Bawa Pulang Air 

Sejak awal pihak desa telah melarang warga atau pengunjung untuk berenang atau mengonsumsi air telaga biru tersebut, mengingat belum jelas asal muasal warna biru yang ditimbulkan. Bentuk antisipasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pihak desa telah membuatkan spanduk peringatan yang berisikan larangan-larangan. Selain itu di pinggiran danau juga telah dibuatkan pagar sebagai pembatas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: