Tanaman Rosemary Dikenal Bermanfaat Bagi Manusia, Bagaimana dengan Kucing?

Tanaman Rosemary Dikenal Bermanfaat Bagi Manusia, Bagaimana dengan Kucing?

Ilustrasi--

Tanaman Rosemary Dikenal Bermanfaat Bagi Manusia, Bagaimana dengan Kucing?

RAKYAT BENTENG.COM - Kucing adalah tipe hewan yang sangat penasaran dan suka menjelajahi sekitarnya. Mereka sering kali tertarik pada tumbuhan dan tanaman di sekitar rumah. 

Salah satu tanaman yang umum ditemukan di banyak taman adalah rosemary. Namun pertanyaannya, apakah tanaman rosemary aman untuk kucing? 

Apa Itu Rosemary

Rosemary (Rosmarinus officinalis) adalah tumbuhan herbal yang dikenal dengan aromanya yang harum dan daun-daunnya yang hijau. Tanaman ini sering digunakan dalam masakan untuk memberikan cita rasa yang khas pada berbagai hidangan. Selain digunakan dalam kuliner, rosemary juga memiliki sejarah panjang dalam pengobatan herbal dan digunakan dalam berbagai produk perawatan tubuh.

Apakah Rosemary Berbahaya untuk Kucing

Sebelum membahas apakah rosemary aman untuk kucing, perlu dicatat bahwa ada perbedaan antara mengonsumsi rosemary secara langsung dan terpapar aroma atau uap dari tanaman ini. 

Rosemary tidak dianggap sebagai zat beracun bagi kucing ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, masalah utama berkaitan dengan penggunaan minyak esensial rosemary atau produk yang mengandung ekstrak rosemary.

Minyak esensial rosemary dan ekstrak konsentratnya bisa sangat beracun bagi kucing jika tertelan atau terhirup. 

Komponen kimia tertentu dalam minyak esensial rosemary, seperti cineole dan camphor, dapat merusak organ dalam kucing dan menyebabkan gejala seperti muntah, diare, kejang, dan bahkan kerusakan hati atau ginjal dalam kasus yang lebih serius.

BACA JUGA:Lebih Dekat dengan Kucing Bombay: Si Hitam Menawan yang Setia, Ramah dan Penuh Kasih Sayang

BACA JUGA:Ini Manfaat Dahsyat Kuning Telur untuk Kucing Peliharaan

Aroma Rosemary dan Kucing

Aroma rosemary, yang seringkali sangat menarik bagi manusia, bisa memiliki efek yang berbeda pada kucing. Beberapa kucing mungkin tertarik pada aroma rosemary dan mencoba mengunyah daunnya, tetapi yang lain mungkin merasa terganggu oleh aromanya dan mencoba menjauh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: