Benarkah Telur Ayam Kampung Lebih Sehat dan Bergizi Ketimbang Telur Biasa, Cek Faktanya

Benarkah Telur Ayam Kampung Lebih Sehat dan Bergizi Ketimbang Telur Biasa, Cek Faktanya

Ilustrasi--

Benarkah Telur Ayam Kampung Lebih Sehat dan Bergizi Ketimbang Telur Biasa, Cek Faktanya 

RAKYAT BENTENG.COM - Sebagaimana diketahui bersama meski namanya kampung bukan berarti harga jual daging ayam kampung di bawah ayam ras atau broiler. Bahkan harga telurnya saja di pasaran lebih mahal daripada telur ayam ras, meski ukurannya lebih kecil. 

Lantas apa yang membuat telur ayam kampung terkesan eksklusif, benarkah telur tersebut menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan manusia, pada artikel kali ini akan mengupas keunggulan telur ayam kampung 

Sejak lama telur ayam kampung dipercaya lebih sehat dan bergizi dari telur ayam biasa karena cara pemeliharaan ayamnya yang lebih alami. Ayam kampung hidup bebas tanpa kandang dan mengonsumsi pakan alami, seperti cacing dan biji-bijian. 

Kandungan gizi telur ayam kampung

Dilansir dari situs hellosehat.com sebuah riset dari North Carolina University menunjukkan telur ayam kampung mengandung lemak tidak jenuh (monounsaturated fat dan polyunsaturated fat) yang lebih banyak ketimbang telur ayam negeri.

Namun, jumlah kolesterol, vitamin E, dan vitamin A pada kedua telur ini cenderung sama.

Begitu pula dengan kandungan gizi lain pada telur ayam kampung tidak jauh berbeda dengan telur ayam pada umumnya.

Selain sebagai sumber protein yang berkualitas, telur ayam kampung juga tersusun atas kandungan lain seperti vitamin B1, omega-3, dan antioksidan.

Berikut manfaat kesehatan yang dihasilkan dari telur ayam kampung

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Makan telur ayam kampung memberi manfaat untuk meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL) hingga 10 persen. HDL sendiri merupakan jenis kolesterol yang baik bagi tubuh.

Tingkat HDL yang lebih tinggi di dalam tubuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya.

2. Mencegah katarak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: