Tahukah Kamu, Ada Perbedaan Antara Nasi Kapau dan Nasi Padang, Oh Ini Ternyata

Tahukah Kamu, Ada Perbedaan Antara Nasi Kapau dan Nasi Padang, Oh Ini Ternyata

Pilihan menu nasi kapau khas Minang.--

Pengunjung yang ingin mencicipi nasi padang bisa langsung memilih menu dari etalase kaca. Sementara di warung nasi kapau, kita harus masuk dahulu ke restorannya untuk memilih menu.

BACA JUGA:Titik Nol Indonesia Bukan di Pulau Sabang Aceh Saja, Tapi Ada di 2 Wilayah Ini, Salah Satunya Baru Diresmikan

2. Menu yang khas
Menu yang ditawarkan sedikit berbeda dari nasi padang biasa. Mulai dari gulai kapau yang merupakan makanan berbahan dasarnya kol, nangka, dan kacang panjang.

Kuah gulainya berwarna kuning, dan ada cita rasa sedikit asam. Selain itu ada juga rendang ayam serta tambunsu yang merupakan hidangan berbahan dasar usus sapi yang dimasukkan adonan telur dan tahu.

3. Cara memesan
Bila di RM masakan Padang, pelanggan diberikan dua pilihan untuk memesan menu makanan. Pertama kamu bisa langsung memilih lauk pauk, sayuran, kuah, dan sambal yang dipajang di etalase kaca.

BACA JUGA:Fakta Unik dan Mitos Gunung Salak, Gunung Berapi Pulau Jawa yang Banyak Orang Belum Tahu, Salah Satunya Kawah

Kedua kamu juga bisa memilih konsep hidang, yaitu datang dan langsung duduk. Kemudian para pramusaji akan mengantarkan semua nasi, lauk pauk hingga buah-buahan di atas meja.

Sementara di rumah makan nasi kapau, para pelanggan hanya bisa langsung memilih menu yang terdiri dari lauk pauk, gulai, sambal, dan sayuran di meja besar. Kemudian akan diantar ke meja.

4. Asal yang berbeda
Nasi Padang merupakan masakan yang dibuat oleh orang Minangkabau dari berbagai wilayah Sumatera Barat. Sedangkan nasi Kapau berasal dari nagari bernama Kapau.

Nagari atau Desa Kapau terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

BACA JUGA:Kerak Telor Kuliner Jadul Khas Betawi Sejak Zaman Penjajahan Belanda Rupanya Kaya Akan Manfaat

5. Nama khas rumah makan yang berbeda
Nasi Kapau umumnya diberi nama sesuai dengan nama pendirinya dan mengawalinya dengan sebutan Uni (pangilan kepada perempuan yang lebih tua di Minangkabau), seperti Nasi Kapau Ni Pit dan Nasi Kapau Ni Er, Nasi Kapau Uni Lis.

Sementara itu untuk nama tempat Nasi Padang diberi nama yang lebih umum seperti misalnya rumah makan Simpang Raya atau Rumah Makan Padang Sederhana.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: