Tahukah Kamu, Ada Perbedaan Antara Nasi Kapau dan Nasi Padang, Oh Ini Ternyata

Tahukah Kamu, Ada Perbedaan Antara Nasi Kapau dan Nasi Padang, Oh Ini Ternyata

Pilihan menu nasi kapau khas Minang.--

Tahukah Kamu, Ada Perbedaan Antara Nasi Kapau dan Nasi Padang, Oh Ini Ternyata

RAKYATBENTENG.COM - Tanah Minang memang surganya rempah-rempah. Sejak dahulu daerah Sumatera sudah masyur berkat warisan bumbu rempah yang menggugah selera. Kekayaan sumber rempah dan kemampuan mengolahnya menjadi hidangan yang menggugah selera terwujud dalam sepiring Nasi Kapau.

Nasi Kapau adalah salah satu jenis kuliner khas Sumatera Barat yang begitu terkenal di Indonesia. Terbuat dari nasi putih perak yang disajikan bersama dengan berbagai macam lauk pauk khas daerah Kapau, Nasi Kapau telah menjadi makanan favorit bagi banyak orang.

BACA JUGA:Mengenal Air Terjun Tampak Sewu, Destinasi Wisata yang Indah Diperbatasan Kabupaten Malang- Kabupaten Lumajang

Dikenal karena citarasa yang kaya dan unik, Nasi Kapau menjadi pilihan yang tepat bagi para pecinta kuliner yang ingin mencicipi masakan khas Indonesia yang autentik dan lezat.

Nasi kapau sendiri adalah hidangan yang berasal dari Nagari Kapau, sebuah desa kecil yang berada di Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Bukittinggi.

Nasi kapau dapat ditemui di daerah asalnya yaitu di daerah Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang kamang, Kabupaten Agam yang berjarak 15 Menit dari pusat kota Bukittinggi, Atau juga di los lambuang pasar lereng dekat taman jam gadang.

Selain itu juga terdapat di komplek nasi padang daerah kramat raya jakarta pusat serta daerah lainnya di indonesia.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Wisata Bogor Cocok Buat Berwisata Sambil Belajar, Tempat Hits & Udaranya Bikin Napas Tak Sesak

Ada beberapa lauk yang menjadi ciri khas dari hidangan nasi kapau dan hanya bisa ditemui dalam sajian yang satu ini. Antara lain gulai tambusu yang terbuat dari usus sapi, rendang daka-daka yang terbuat dari singkong atau rendang ayam, ikan mas bertelur, gulai kapau cangcang (gulai tulang dan daging sapi), gulai babat dan jeroan lainnya.

Gulai Tambunsu sendiri adalah gulai di mana telur dan tahu diolah dan dibungkus dalam usus sapi. Tekstur usus sapi yang kenyal berpadu dengan lembut dan padatnya campuran tahu dan telur.

Nasi Padang biasanya tidak dilengkapi dengan gulai ini.

BACA JUGA:Masih Alami, Ini 4 Objek Wisata Tersembunyi di Sumatera Barat Simpan Keindahan Surgawi Dunia

Terdapat perbedaan antara nasi kapau dengan nasi padang yang ada pada umumnya, berikut perbedaannya :

1. Berbeda cara penyajian
Menu nasi kapau dipajang di atas meja, letaknya lebih rendah dari si penjual. Kalau nasi padang kan etalasenya lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: