Fakta Unik dan Menakjubkan Jembatan Penghubung Denmark-Swedia yang Terlihat Menghilang di Tengah Laut

Fakta Unik dan Menakjubkan Jembatan Penghubung Denmark-Swedia yang Terlihat Menghilang di Tengah Laut

Jembatan Oresund--

Fakta Unik dan Menakjubkan Jembatan Penghubung Denmark-Swedia yang Terlihat Menghilang di Tengah Laut

RAKYAT BENTENG.COM - Jika dilihat sepintas dari foto yang beredar di Internet, jembatan penghubung kedua negara Denmark dan Swedia terlihat terputus dan menghilang di tengah lautan. 

Faktanya tentu saja tidak seperti itu. Jembatan yang bernama Oresund, adalah sistem jembatan dan terowongan bawah laut yang menjadi kebanggaan warga Denmark dan Swedia.

Tak hanya berfungsi sebagai jembatan, pada bagian bawah atau dek bawahnya juga terdapat terowongan sebagai jalur kereta api. Terowongan ini terendam sepanjang 4 km yang dibangun dengan beton.

Meski menggelontorkan dana yang tak sedikit, tapi Denmark dan Swedia patut bangga karena Jembatan Oresund merupakan mahakarya yang telah memenangkan sejumlah penghargaan dari desain dan tekniknya.

Berikut fakta unik jembatan Oresund yang dirangkum dari berbagai sumber: 

1. Pembangunan Menelan Anggaran Rp65 Triliun 

Oresund atau yang juga dikenal sebagai The Sound atau Sundet yang dirancang oleh arsitek Denmark bernama George KS Rotne. 

Dengan adanya jembatan ini, jarak tak lagi menjadi penghalang untuk melakukan perjalanan singkat dan mudah untuk bepergian ke kedua negara.

Oresund merupakan satu dari tiga selat di Denmark yang menghubungkan laut Baltik dan Samudera Atlantik melalui Kattegat, Skagerrak, dan Laut Utara.

Mengutip dari laman Oresundsbron, jembatan Oresund memiliki panjang sejauh 15,9 km, yang terdiri dari jembatan, pulau buatan dan terowongan. Terdapat dua tiang setinggi 204 meter yang menopang bentang jembatan, dan sepanjang 490 meter melintasi saluran artifisial di kanal Flinte. 

BACA JUGA:Fakta Negara Norwegia dengan Matahari Tak Terbenam Selama 76 Hari, Dijuluki Negeri Matahari Tengah Malam

BACA JUGA:Presiden Jokowi Perintahkan Panglima TNI, Kapolri dan Pemda Tangani Karhutla Sekecil Apapun Titik Apinya

BACA JUGA:Banyak Mana, Bintang di Langit atau Ikan di Laut? Simak Jawaban Abu Nawas yang Bikin Girang Raja Harun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: