Calon Nasabah Wajib Tahu, Pinjam KUR Rp10 Juta Saja Bisa Ditolak Jika Berani Lakukan Kesalahan Ini

Calon Nasabah Wajib Tahu, Pinjam KUR Rp10 Juta Saja Bisa Ditolak Jika Berani Lakukan Kesalahan Ini

Pengajuan KUR.--

Calon Nasabah Wajib Tahu, Pinjam KUR Rp10 Juta Saja Bisa Ditolak Jika Berani Lakukan Kesalahan Ini

RAKYATBENTENG.COM - Calon Nasabah wajib baca. Hal ini harus diketahui agar tidak ditolak oleh perbankan saat melakukan peminjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Meskipun perbankan secara penyalur memberikan kemudahan kepada calon nasabah, tetap saja penyaluran peminjaman KUR harus memenuhi beberapa persyaratan yang diminta, karena setiap lembaga keuangan atau bank yang bertindak sebagai penyalur tetap akan menjalankan proses verifikasi yang ketat terhadap para calon peminjamnya.

BACA JUGA:Peluang Pinjaman Rp50 Juta, Baca Syarat Terbaru Pinjaman Dana Tunai KUR BSI

BACA JUGA:Mudah dan Bisa di Mana Saja! Ajukan Pinjaman Lunak KUR BRI dengan Cara Ini

Tidak jarang pengajukan pinjaman KUR mengalami penolakan dari pihak bank, baik peminjaman dengan angka Rp10 juta hingga Rp500 juta. Penolakan ini pasti memiliki alasan yang mendasar.

Dilansir dari radarmukomuko.disway.id, Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, terdapat beberapa alasan mengapa permohonan KUR dapat ditolak dan pencairannya tidak disetujui:

1. Kredit Perbankan Bermasalah

Masih memiliki pinjaman perbankan yang belum dilunasi atau memiliki masalah pembayaran dapat menjadi alasan utama penolakan permohonan KUR.

Sebelum mengajukan KUR, penting untuk melunasi semua kredit perbankan, kecuali KPR, Kredit Kendaraan Bermotor, dan Kartu Kredit.

Pihak perbankan juga biasanya memeriksa riwayat kredit nasabah melalui laporan SLIK OJK. Jika nama nasabah tercatat dalam daftar blacklist SLIK OJK, maka permohonan KUR akan ditolak.

BACA JUGA:Peluang Pinjaman Lunak Bagi Pelaku Usaha Muda Terbuka Lebar, KUR BRI Plafon Rp40 Juta

BACA JUGA:Ajukan Pinjaman KUR BRI Tanpa Agunan, Syaratkan Usaha Minimal 6 Bulan

2. Kendala Agunan yang Tidak Memadai

Meskipun ada KUR tanpa jaminan, tidak semua jenis KUR memenuhi kriteria ini. Oleh karena itu, nilai agunan yang digunakan harus sebanding dengan total pinjaman yang diminta.

Jika nilai agunan tidak mencukupi, permohonan KUR dapat ditolak.

3. Kendala Administrasi

Peminjam wajib melampirkan semua persyaratan dokumen yang diminta, seperti KTP, Kartu Keluarga, Surat Izin Usaha, dan NPWP, sesuai dengan yang ditetapkan oleh bank yang bersangkutan.

Semua dokumen harus lengkap dan asli; jika ada yang kurang, permohonan pinjaman akan ditolak.

BACA JUGA:Kesempatan Terbuka Lebar, KUR BSI Tawarkan Pinjaman Dana Rp500 Juta

BACA JUGA:Bunga Kecil Hanya 6 Persen Setahun, Pinjaman KUR BRI Plafon Puluhan Juta Rupiah

4. Kesalahan dalam Dokumen atau Jenis UMKM yang Tidak Sesuai

Salah satu penyebab penolakan adalah ketidakproduktifan usaha UMKM atau jika usaha tersebut belum berjalan minimal selama 6 bulan dengan kondisi operasional dan finansial yang baik.

Selain itu, jenis usaha UMKM harus sesuai dengan ketentuan bank yang bersangkutan. Misalnya, jika usaha tersebut menjual barang yang ilegal atau berbahaya, maka permohonan KUR dapat ditolak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: