Mudah dan Bisa di Mana Saja! Ajukan Pinjaman Lunak KUR BRI dengan Cara Ini

Mudah dan Bisa di Mana Saja! Ajukan Pinjaman Lunak KUR BRI dengan Cara Ini

Program KUR BRI bagi UMKM--

Mudah dan Bisa di Mana Saja! Ajukan Pinjaman Lunak KUR BRI dengan Cara Ini

RAKYATBENTENG.COM - Pinjaman KUR Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menjadi pilihan utama bagi banyak individu dan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM). Terutama pada tahun 2023, program KUR BRI telah mengarahkan perhatiannya pada para pelaku UMKM yang selama ini mengalami kendala dalam akses permodalan. Inilah yang membuat program ini menjadi favorit di kalangan mereka.

Dengan subsidi bunga yang diberikan oleh pemerintah, para pelaku UMKM memiliki kemudahan dalam memenuhi persyaratan untuk mengajukan pinjaman KUR BRI. Prosesnya pun berlangsung dengan cepat dan efisien. Apalagi proses pengajuan pinjaman tidak terlalu sulit. Bisa dilakukan dengan mudah dan bisa dimana saja.

BACA JUGA:Peluang Pinjaman Lunak Bagi Pelaku Usaha Muda Terbuka Lebar, KUR BRI Plafon Rp40 Juta

BACA JUGA:Ajukan Pinjaman KUR BRI Tanpa Agunan, Syaratkan Usaha Minimal 6 Bulan

Dilansir dari belitongekspres.disway.id, pada tahun 2023 ini, BRI telah menawarkan batas plafon pinjaman KUR BRI hingga mencapai Rp500 juta, dengan tenor yang dapat diperpanjang dan suku bunga yang sangat terjangkau, hanya sebesar 6 persen efektif per tahun.

Proses pengajuan pinjaman KUR BRI 2023 juga menjadi lebih mudah, dapat dilakukan secara daring melalui situs resmi kur.bri.co.id atau secara konvensional dengan mengunjungi kantor BRI terdekat.

Salah satu jenis pinjaman yang menarik perhatian adalah KUR Mikro BRI, dengan plafon mulai dari Rp10 juta hingga Rp100 juta, tanpa perlu memberikan agunan tambahan, kecuali usaha yang Anda kelola sendiri.

BACA JUGA:Kesempatan Terbuka Lebar, KUR BSI Tawarkan Pinjaman Dana Rp500 Juta

BACA JUGA:Bunga Kecil Hanya 6 Persen Setahun, Pinjaman KUR BRI Plafon Puluhan Juta Rupiah

Dalam konteks ini, mari kita bahas lebih lanjut pinjaman KUR Mikro BRI dengan plafon sebesar Rp20 juta dan angsuran bulanan yang terjangkau, hanya sekitar Rp300 ribuan.

Biasanya, proses pencairan pinjaman KUR BRI sekitar Rp20 juta akan memakan waktu sekitar 3 hari kerja, jika semua berkas persyaratan telah lolos verifikasi dan disetujui oleh pihak Bank.

Namun, sebelum Anda benar-benar mengajukan pinjaman sebesar Rp20 juta dari KUR BRI, penting untuk memahami syarat dan ketentuan yang telah dibahas dalam artikel-artikel sebelumnya.

BACA JUGA:Dapatkan KUR Mikro BRI Rp 50.000.000, Maksimal Jangka 5 Tahun

BACA JUGA:KUR BSI 2023 Plafon Hingga Rp 500 Juta, Cek Batas Minimal Usia Peminjam

Sama seperti yang sudah dibahas sebelumnya, KUR Mikro BRI memiliki batasan maksimum pengajuan pinjaman hingga 4 kali untuk sektor produksi seperti pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan.

Sementara itu, untuk sektor usaha perdagangan dan jasa, KUR BRI 2023 membatasi pengajuan pinjaman hingga maksimal 2 kali.

Adapun tingkat bunga yang dikenakan pun berbeda. Untuk pinjaman pertama, suku bunga adalah 6% efektif per tahun, sementara untuk pinjaman kedua bunga naik menjadi 7%, ketiga 8%, dan keempat 9% efektif per tahun.

BACA JUGA: Pinjaman KUR BRI 2023 Bagi UMKM Tawarkan Plafon Rp 400.000.000, Cek Simulasi Angsurannya di Sini

BACA JUGA:Wow, Plafon Pinjaman Modal Hingga Rp 75.000.000, KUR BRI 2023 Berikan Tenor Panjang dan Angsuran Ringan

Untuk pengajuan pinjaman KUR BRI 2023 dengan plafon sebesar Rp20 juta, ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan diantaranya

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Surat Keterangan Usaha (SKU).

2. Usaha Anda harus telah berjalan aktif minimal selama 6 bulan

3. Anda tidak boleh memiliki kredit aktif di lembaga keuangan lain, kecuali jika kredit tersebut bersifat konsumtif seperti KPR, Kredit Kendaraan Bermotor, atau Kartu Kredit.

4. Anda juga harus memiliki catatan kredit yang baik dalam Skor BI Checking atau SLIK OJK, agar nama Anda tidak masuk dalam daftar hitam.

Berikut adalah contoh perhitungan angsuran pinjaman KUR BRI 2023 dengan plafon sebesar Rp20 juta dan tenor antara 12 hingga 60 bulan, dengan tingkat bunga 6% per tahun:

Tenor 12 bulan: Angsuran sekitar Rp1.721.328,59 per bulan.

Tenor 18 bulan: Angsuran sekitar Rp1.164.634,61 per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: