Sensor Oksigen Rusak pada Mobil, Begini Cara Mengatasinya

Sensor Oksigen Rusak pada Mobil, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi--

Jika merasa ada masalah dengan performa mobil, seperti efisiensi bahan bakar yang menurun atau mesin tidak stabil, segera lakukan diagnosis menggunakan alat pemindai atau scanner OBD (On-Board Diagnostics) yang dapat membaca kode kesalahan dan memberikan indikasi sensor oksigen bermasalah.

2. Periksa Koneksi dan Kabel

Sensor oksigen terhubung ke kabel dan koneksi di dalam sistem kendaraan. Pastikan kabel dan koneksi tidak aus, rusak, atau longgar. Terkadang, masalah sederhana seperti kabel yang tidak terhubung dengan baik dapat menyebabkan masalah sensor.

3. Ganti Sensor Oksigen

Jika diagnosis menunjukkan bahwa sensor oksigen rusak, langkah berikutnya adalah mengganti sensor yang rusak. Sensor oksigen biasanya tersedia di toko suku cadang mobil. Pastikan agar memilih sensor yang sesuai dengan merek, model, dan tahun kendaraan.

4. Ikuti Panduan Kendaraan

Setiap mobil memiliki lokasi dan jumlah sensor oksigen yang berbeda. Ikuti panduan manual kendaraan untuk menemukan lokasi sensor dan langkah-langkah penggantian yang benar.

5. Uji Kembali Setelah Penggantian

Setelah mengganti sensor oksigen, lakukan uji coba berkendara untuk memastikan kinerja mobil telah membaik. Perhatikan perubahan dalam efisiensi bahan bakar, kinerja mesin, dan emisi gas buang.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: