Hai Ladies, Simak Bahaya Keseringan Gunakan Softlens

Hai Ladies, Simak Bahaya Keseringan Gunakan Softlens

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Softlens atau lensa kontak umumnya dianggap aman untuk digunakan. Entah itu sebagai pengganti kacamata untuk menunjang penglihatan mata yang memiliki rabun jauh, ataupun hanya sekedar untuk estetika atau riasan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa menggunakan Softlens ada batas waktunya, tidak bisa dipakai selama 24 jam penuh, apalagi jika sampai berhari-hari tanpa dilepas. 

Memakai softlens terlalu lama dan memakainya saat tidur secara signifikan meningkatkan risiko komplikasi serius pada kesehatan mata. Mata kering hingga konjungtivitis adalah beberapa dampak negatif yang akan mengintai mata kamu. Jika masih belum kapok menggunakan softlens terlalu lama, inilah beberapa dampak negatif yang perlu kamu waspadai seperti dikutip dari halodoc.com

Konjungtivitis atau Mata Merah

Konjungtivitis dan bintil pada mata akan terjadi jika kamu mengenakan softlens terlalu lama, bahkan sampai berhari-hari tanpa melepasnya. Softlens akan menciptakan lingkungan lembap pada mata sebagai tempat berkembang biak mikroorganisme seperti virus dan bakteri. 

Selain itu, kornea akan mengalami kekurangan oksigen ketika kamu memakai softlens. Sementara itu, tubuh tidak mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus seefektif yang seharusnya. Giant papillary conjunctivitis adalah jenis konjungtivitis paling umum yang dialami oleh pemakai softlens karena iritasi berulang dari lensa kontak. 

Mata Kekurangan Oksigen

Oksigen sangat penting bagi mata. Dengan adanya softlens yang menetap di mata dan menutupi seluruh kornea terlalu lama, maka softlens akan menghalangi oksigen untuk mencapai mata. Maka itu, dengan memakai lensa kontak atau softlens selama berhari-hari hingga sebulan dapat mengurangi pasokan oksigen ke mata. 

Mata Kering

Sindrom mata kering merupakan fenomena yang terjadi ketika mata menjadi lemah dan gatal. Hal ini akan mengakibatkan kornea menjadi luka. Softlens menyerap sebagian besar air mata untuk menjaga kelembutannya, sehingga mata kamu justru menjadi kering. Kamu dapat menghindari peristiwa ini dengan tidak mengenakan softlens sepanjang waktu dan sering-seringlah mengistirahatkan mata dan menggunakan obat tetes mata untuk membuat kornea tetap terlumasi. 

BACA JUGA:Bolehkah Masuk Angin Dikerok? Simak Penjelasan Berikut

BACA JUGA:Berdampak Buruk Bagi Otak, Ini Efek Gunakan Headset Terlalu Lama

Alergi dan Infeksi Mata

Jika kamu memakai softlens terlalu lama, kamu mungkin akan mengalami infeksi pada mata atau alergi dalam jangka panjang. Infeksi terjadi karena abrasi kornea. Jika kamu memiliki mata kering atau jika softlens tidak dipasang dengan benar di permukaan mata, itu dapat menyebabkan abrasi kornea. 

Ulkus Kornea

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: