Dianggap Tanaman Pengganggu, Ini Khasiat Mengagumkan Akar Alang-Alang untuk Kesehatan

Dianggap Tanaman Pengganggu, Ini Khasiat Mengagumkan Akar Alang-Alang untuk Kesehatan

Ilustrasi--

Dianggap Tanaman Pengganggu, Ini Khasiat Mengagumkan Akar Alang-Alang untuk Kesehatan 

RAKYAT BENTENG.COM - Alang-alang atau ilalang sering dianggap tanaman liar biasa, bahkan pengganggu yang amat mudah dijumpai. Jika tanaman tersebut tumbuh di pekarangan rumah barang pasti Anda akan membasminya. 

Mulai saat ini jangan lagi asal membasmi ilalang. Pasalnya tumbuhan ini punya banyak manfaat dan kerap digunakan sebagai obat tradisional sejak lama. 

Akar alang-alang kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Ilalang memiliki bentuk ujung akar yang runcing dan teksturnya keras serta bersisik. Warnanya krem dan biasanya diolah menjadi jamu herbal.

Dilansir dari hellosehat.com manfaat yang terdapat di dalam akar alang-alang umumnya berasal dari kandungan senyawa fitokimia di dalamnya, antara lain saponin, flavonoid, fenol, glikosida, dan kumarin.

Tidak hanya itu, akar ilalang ternyata memiliki kandungan zat gizi, seperti serat, karbohidrat, asam lemak, magnesium, zat besi, dan kalsium yang memiliki khasiat.

Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan sangatlah beragam. Bahan alami ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai kondisi, mulai dari sakit gigi, nyeri perut, hingga panas dalam.

Di Indonesia, obat tradisional atau obat herbal kerap digunakan untuk meredakan berbagai keluhan. Tidak heran, banyak sekali bahan alami yang dijadikan sebagai obat, salah satunya akar alang-alang (Imperata cylindrica).

Manfaat akar alang-alang

Berikut ini berbagai manfaat akar ilalang untuk kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan jantung

Kadar kolesterol yang berlebihan dapat menumpuk dan membentuk plak di pembuluh darah arteri. Akibatnya, pembuluh darah menyempit, sehingga aliran darah ke jantung menjadi berkurang.

Jika hal ini terus berlanjut, kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: