Korlantas Polri Usulkan Pelat Nomor Kendaraan Bisa Pakai Nama Pribadi Asal Sanggup Bayar Segini

Korlantas Polri Usulkan Pelat Nomor Kendaraan Bisa Pakai Nama Pribadi Asal Sanggup Bayar Segini

Ilustrasi pelat nama sendiri--

RAKYAT BENTENG.COM - Dalam rapat bersama Komisi III DPR RI, Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi mengusulkan agar pelat nomor kendaraan bisa pakai nama pribadi dan bebas ganjil genap asalkan membayar Rp500 juta. 

Irjen Firman mengatakan hal tersebut bertujuan untuk menambah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

"Besok kita harapkan pemerintah bisa menerbitkan suatu keputusan. Nomor itu bisa saya pakai, contoh itu Yusri 1 pak. Kalau dia berani bayar Rp500 juta untuk lima tahun kenapa tidak. Tapi masuk PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) pak," kata Irjen Firman di Jakarta, Rabu, 5 Juli 2023 seperti dilansir dari disway.id https://disway.id/read/711485/Pelat-Nomor-Kendaraan-Bisa-Pakai-Nama-Pribadi-dan-Bebas-Ganjil-Genap-Korlantas-Beberkan-Syarat-serta-Harganya

Menurutnya, hal itu jauh lebih realistis daripada menambah penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari pembuatan surat izin mengemudi (SIM).

"Itu jauh lebih realistis, bebas ganjil genap kita tawarkan. Kalau nama Yusri-nya ada 16 orang yang mengajukan, kita lelang Pak sampai paling mahal tertinggi siapa, (dananya) masuk negara lagi, Pak," ungkapnya.

BACA JUGA:9 Desa di 3 Kecamatan Dilanda Banjir, Berikut Rinciannya

BACA JUGA:Warga Sidodadi Masih Diliputi Keresahan, Penyebabnya

Menurutnya, pemasukan PNBP dengan menjuak pelat nomor kode nama itu lebih realistis, daripada pengurusan perpanjangan SIM.

Ia khawatir, pemasukan perpanjangan SIM akan jadi bahan "jualan" anak buahnya.

"SIM jangan dijadikan target pak. Kami khawatir kasat lantas kami jualan lagi, enggak lulus, dilulus-lulusin, Pak. Sudah terjadi, yang belum waktunya pindah golongan, dipindahkan ngejar PNBP," ucap Irjen Firman.

Dia meyakini usulannya tersebut bisa menjadi alternatif dalam menambah PNBP. Oleh karena itu, dia berharap penawaran pelat nomor dengan nama bisa ditanggapi secara positif.

"Barangkali penawaran ini kami harapkan dukungan dari bapak moga-moga bisa terbit. nanti pelat nomor kita perbaiki, Pak, data ranmor (kendaraan bermotor) kita pastikan, siapa yang berminat dengan nomor-nomor tertentu toh masuk semua ke data kita sejak diterbitkan sampai kepada pencatatan apabila tercatat di ETLE," ucap dia.

 

"Ini menjadi solusi alternatif untuk menambah PNBP negara. Selain tadi kami upayakan dari dana tilang yang selama ini nggak tahu ke mana Pak," pungkasnya.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id