Cegah Hipertensi dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat Berikut

Cegah Hipertensi dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat Berikut

ilustrasi berolahraga--

RAKYAT BENTENG.COM - Berdasarkan hasil skrining Kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM) pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) dan jajaran Puskesmas Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) baru-baru ini diketahui bahwa penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi menduduki urutan teratas yang diderita masyarakat.

Penting untuk diketahui, dikutip dari halodoc.com, hipertensi meningkatkan risiko terjadinya banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung, stroke, dan ginjal. 

Jika kamu mengalami gejala tekanan darah tinggi, segeralah memeriksakan tekanan darahmu. Pemeriksaannya dapat melibatkan sphygmomanometer atau tensimeter, baik yang pompa (manual) atau mesin otomatis. Sementara itu, kalau kamu punya riwayat keluarga hipertensi, sebaiknya lakukan tes hipertensi setidaknya setiap dua tahun mulai dari usia 18 tahun. 

Bagi kamu telah menginjak usia 40 tahun atau lebih atau dalam rentang usia 18 hingga 39 tahun dengan risiko tinggi mengidap hipertensi, kunjungi dokter untuk melakukan tes hipertensi setiap tahunnya. 

Penanganan tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak selalu melibatkan penggunaan obat. Sebab, gaya hidup memainkan peran penting dalam mengobati tekanan darah tinggi. Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup jika tekanan darah tinggi:  

1. Jaga Berat Badan

Berat badan menjadi salah satu aspek penting terkait pencegahan hipertensi. Orang yang kelebihan berat badan harus mencoba menurunkannya dengan pola makan yang sehat. Sementara orang dengan berat badan normal harus menghindari terjadinya obesitas. Olahraga rutin dan perubahan pola hidup bisa membantu kamu mendapatkan berat badan ideal

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele Jerawat, Letaknya Menggambarkan Kondisi Kesehatan

BACA JUGA:Skrining Kesehatan di 11 Kecamatan Deteksi 802 Kasus Penyakit Hipertensi

2. Mengubah Pola Makan

Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang khususnya yang baik untuk jantung. Hal ini bertujuan untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi. 

3. Rutin Berolahraga 

Olahraga dapat membantu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah secara alami, dan memperkuat sistem kardiovaskular. Jadi, lakukanlah aktivitas fisik minimal 30 menit sebanyak lima kali seminggu.

4. Kelola Stres 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: