Skrining Kesehatan di 11 Kecamatan Deteksi 802 Kasus Penyakit Hipertensi

Skrining Kesehatan di 11 Kecamatan Deteksi 802 Kasus Penyakit Hipertensi

dok__rakyatbenteng.disway.id--

RAKYAT BENTENG.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dan jajaran Puskesmas telah menuntaskan program Gerakan Serentak (Gertak) Skrining Kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM) dan sambang ibu hamil (Bumil) yang dimulai sejak tanggal 5 - 10 Juni 2023. 

Program ini dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Benteng, dimana para tenaga kesehatan (Nakes) turun menyambangi rumah-rumah guna memeriksa kesehatan warga sebagai bentuk deteksi dini terhadap risiko penyakit dan langsung diberikan pelayanan berupa pemberian obat secara gratis dan konseling kepada yang bersangkutan. 

"Gerakan serentak skrining kesehatan dan sambang bumil dimulai sejak tanggal 5 sampai 10 juni. Alhamdulillah melampaui target, dari 20.760 yang tercapai 22.327. Terima kasih kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang telah bekerja keras demi pelayanan kesehatan masyarakat di Benteng," ungkap Kepala Dinas (Kadis), Ns Gusti Miniarti, S.Kep, M.H.,

Adapun dari hasil skrining ditemukan kasus tertinggi penyakit yang diderita adalah hipertensi, sebanyak 802 kasus. Disusul penyakit obesitas, 349 kasus, lalu diabetes melitus 260 kasus, gangguan penglihatan atau low vision 221 kasus, serumen dalam telinga 191 kasus, PPOK 21 kasus, stroke 17 kasus dan terendah sakit jantung 12 kasus. Ditemukan juga suspek tumor payudara 5 kasus dan suspek Ca servik sebanyak 1 kasus

"Semua kasus penyakit yang ditemukan pada saat skrining berlangsung sudah dilakukan tindaklanjut dengan pemberian obat secara gratis serta dilakukan juga konseling kepada seluruh anggota keluarga," lanjut Gusti.(lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: