Lindungi Anak dari Bahaya Gula Berlebih, Ini 4 Cara Mudah Mengatasinya

Lindungi Anak dari Bahaya Gula Berlebih, Ini 4 Cara Mudah Mengatasinya

Ilustrasi--

3. Masalah Gigi

Gula merupakan salah satu penyebab utama kerusakan gigi pada anak. Bakteri di dalam mulut mengubah gula menjadi asam yang dapat merusak enamel gigi, sehingga anak berisiko mengalami gigi berlubang.

BACA JUGA:WAJIB TAHU! Ini Daftar Lengkap Kementerian Negara Kabinet Merah Putih, Sekretariat Kabinet Dibubarkan

BACA JUGA:Film Horor ‘Dosa Musyrik’ Bakal Tayang di Bioskop Akhir Oktober 2024, Ini Sinopsisnya

4. Gangguan Kesehatan Jangka Panjang

Kebiasaan mengonsumsi minuman tinggi gula sejak dini dapat berpengaruh pada kesehatan jangka panjang anak, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan metabolisme lainnya.

Siasat Mengurangi Konsumsi Gula pada Anak

Meskipun sulit menghindari minuman manis sepenuhnya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat orang tua terapkan untuk mengurangi konsumsi gula pada anak. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

BACA JUGA:4 Film Bioskop yang Bakal Tayang di Akhir Oktober 2024, Urutan Terakhir Paling Ditunggu

BACA JUGA:Bawaslu Hentikan Penelusuran Kasus Pembagian Minyak Goreng Diduga Kedaluwarsa di Bengkulu Tengah, Ini Alasanny

1. Biasakan Anak Minum Air Putih

Ajarkan anak bahwa air putih adalah minuman terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa menyajikan air putih secara kreatif, misalnya dengan menambahkan potongan buah segar seperti lemon, stroberi, atau mentimun untuk memberi rasa yang menyegarkan tanpa tambahan gula. Membiasakan anak memilih air putih ketimbang minuman manis akan sangat membantu mengurangi asupan gula harian mereka.

2. Batasi Konsumsi Jus dan Minuman Kemasan

Jus buah sering dianggap sehat, namun jus dalam kemasan biasanya mengandung gula tambahan yang tinggi. Sebagai gantinya, Anda bisa menyajikan jus buah segar buatan sendiri tanpa gula tambahan atau lebih baik lagi, beri anak potongan buah segar yang mengandung serat dan nutrisi lengkap.

BACA JUGA:Anak Petani Asal Kedurang Bengkulu Dilantik Jadi Menteri, Ini Daftar Lengkap Menteri Kabinet Merah Putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: