Tubuh Kurang Kalsium, Tapi Pola Makan Bagus? Mungkin Ini Penyebabnya

Tubuh Kurang Kalsium, Tapi Pola Makan Bagus? Mungkin Ini Penyebabnya

Kalsium adalah mineral penting untuk tubuh manusia. Kalsium merupakan elektrolit yang berperan sebagai pengantar muatan listrik saat larut dalam cairan tubuh, termasuk darah.--

RAKYATBENTENG.COM - Kalsium adalah mineral penting untuk tubuh manusia. Kalsium merupakan elektrolit yang berperan sebagai pengantar muatan listrik saat larut dalam cairan tubuh, termasuk darah. 

Sebagian besar kalsium disimpan di tulang, sedangkan sisanya beredar di dalam darah. Kekurangan kalsium dapat mengganggu fungsi organ tubuh dan menimbulkan gejala yang bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan kondisinya.

Kondisi ini bisa diobati dan bisa berlangsung singkat atau menjadi kronis tergantung penyebabnya. Tidak selalu disebabkan oleh pola makan, ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan kekurangan kalsium yang perlu diketahui.

BACA JUGA:Wuling Cloud EV 2024: Mobil Listrik Pintar untuk Keluarga Modern, Intip Spesifikasi dan Harganya

BACA JUGA:Sinopsis Film Putri Bintang Lima, Ketika Cinta Terhalang Restu Karena Status Sosial

1. Hipoparatiroidisme

Kelenjar paratiroid terdiri dari empat kelenjar kecil berukuran sebesar kacang polong yang berlokasi di belakang tiroid di leher. Hipoparatiroidisme terjadi ketika hormon paratiroid atau parathyroide hormone (PTH) tidak diproduksi cukup oleh kelenjar paratiroid.

Rendahnya tingkat PTH dapat menyebabkan rendahnya tingkat kalsium dalam tubuh. Hipoparatiroidisme bisa disebabkan oleh kelainan bawaan atau karena pengangkatan satu atau lebih kelenjar paratiroid atau tiroid melalui operasi.

2. Defisiensi Vitamin D

Vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Kalsium memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan kalsium dalam darah dan tulang serta dalam pembentukan serta pemeliharaan tulang.

Vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk membantu penyerapan kalsium dan dalam pembentukan tulang serta mendukung kesehatan jaringan. Kekurangan vitamin D yang kronis dapat mengakibatkan penurunan penyerapan kalsium. Hal ini juga mengakibatkan timbulnya hiperparatiroidisme sekunder.

BACA JUGA:Viral di Medsos! Video Terduga Pencuri Beraksi di Warung Manisan, Gasak Sekarung Beras

BACA JUGA:8 Tersangka Kasus Korupsi Dinas Pertanian belum Ditahan

3. Gagal Ginjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: