Ini Dia Daftar Bahan Kosmetik Sebaiknya Dihindari untuk Kesehatan

Ini Dia Daftar Bahan Kosmetik Sebaiknya Dihindari untuk Kesehatan

Daftar Bahan Kosmetik Sebaiknya Dihindari untuk Kesehatan --Foto: https://www.alodokter.com--

10. Hidrokuinon

Penggunaan hidrokuinon dilarang dalam kosmetik sesuai Peraturan Kepala Badan POM No. 18 Tahun 2015 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika. Memang efek samping penggunaan hidrokuinon pada kulit adalah iritasi, kemerahan/eritema pada kulit, dan rasa terbakar.

Efeknya akan terjadi bila hidrokuinon digunakan dalam konsentrasi tinggi, yakni di atas 4%. Penggunaan hidrokuinon dengan konsentrasi kurang dari 2% dalam jangka waktu lama atau digunakan terus menerus akan menyebabkan leukoderma kontak dan okronosis eksogen.

Selain itu, terdapat bukti bahwa hidrokuinon dapat menyebabkan kanker pada tikus setelah pemberian oral dan menyebabkan okronosis (kulit gelap dan noda hitam) bila dioleskan pada kulit.

Produk yang mengandung hidrokuinon dilarang di beberapa negara, seperti Jepang, Australia, dan beberapa negara Eropa. Berikut 10 bahan perawatan kulit dan riasan yang sebaiknya Anda hindari. Meski kulit sebagian orang mampu menahan dampaknya, namun hal tersebut bisa dihindari demi kesehatan kulit dalam jangka panjang, kenapa tidak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: