Tips Sederhana Berikut Bisa Dicoba untuk Melatih Fokus Anak ADHD

Tips Sederhana Berikut Bisa Dicoba untuk Melatih Fokus Anak ADHD

Anak sering kali mengalami kesulitan konsentrasi, dan hal ini merupakan hal yang wajar. Gejala-gejala ini biasanya berkurang seiring berjalannya waktu --Foto: https://berkeluarga.id--

RAKYATBENTENG.COM - Anak sering kali mengalami kesulitan konsentrasi, dan hal ini merupakan hal yang wajar. Gejala-gejala ini biasanya berkurang seiring berjalannya waktu. Namun, hal ini tidak terjadi pada anak dengan ADHD. 

Kesulitan berkonsentrasi dapat menetap atau bahkan memburuk sehingga menyebabkan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Meski tidak bisa diatasi sepenuhnya, ada cara melatih anak ADHD untuk fokus. 

Langkah sederhana ini bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi anak lho.

BACA JUGA:BYD, Brand Kendaraan Listrik yang Bakal Menjadi Pesaing Tesla?

BACA JUGA:Deretan Smartphone POCO Seri F RAM 12 GB dengan Harga Miring

Cara melatih anak ADHD untuk fokus Pelatihan kognitif merupakan salah satu upaya yang digunakan untuk meningkatkan fungsi otak. Oleh karena itu, latihan yang bisa dilakukan antara lain memperkuat konsentrasi, keterampilan memproses, dan mengelola emosi. 

Berikut beberapa latihan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah. Pastikan Anda selalu memberikan penguatan pada si kecil ya. Bentuknya bisa berupa pujian dan semangat saat sesi latihan ya.

1. Relaksasi dan Pencitraan Positif

Anda tidak memerlukan alat untuk menerapkan metode melatih anak ADHD untuk fokus ini. Teknik ini merupakan kombinasi relaksasi sederhana seperti pengendalian nafas dengan gambaran positif. 

BACA JUGA:Promo HokBen Payday Akhir Bulan Hingga 30 September 2024, Paket Lengkap Mulai dari Rp38 Ribuan

BACA JUGA:Benarkah Kelainan Jantung Bawaan Bisa Mengganggu Perkembangan Anak?

Untuk melakukan ini, mintalah anak membayangkan sesuatu yang menyenangkan sambil bernapas.

Misalnya, jika ia menyukai gerakan mencuci pakaian, mintalah ia melakukannya sambil bernapas teratur. Lakukan ini setiap kali anak Anda kesulitan mengatur emosinya. Langkah ini dapat membuat anak rileks dan meluangkan waktunya untuk fokus.

2. Menari Membakar Energi Berlebih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: