Rawat Kendaraan Anda dengan Rutin Mengganti Busi, Kapan Waktu yang Tepat? Simak Artikel Berikut

Rawat Kendaraan Anda dengan Rutin Mengganti Busi, Kapan Waktu yang Tepat? Simak Artikel Berikut

Salah satu unsur yang tidak boleh diabaikan saat merawat sepeda motor adalah busi --Foto: https://www.wahanahonda.com--

Kesulitan menghidupkan mesin juga menandakan sudah waktunya mengganti busi. Busi yang sudah aus atau kotor dapat mengganggu proses pengapian sehingga membuat sepeda motor sulit dihidupkan. Pastikan untuk segera memeriksa lampu jika Anda kesulitan menyalakannya.

3. Bahan Bakar Lebih Boros

Pembakaran tidak sempurna bisa disebabkan busi tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar sepeda motor. Oleh karena itu, jika efisiensi bahan bakar menurun, bisa jadi itu tandanya busi perlu segera diganti.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS Ditutup Hari Ini, Cek Daftar Instansi dengan Jumlah Pelamar Terbanyak dan Paling Sedikit

BACA JUGA:Buat Penggemar Film Horor, Ini Dia Rekomendasi Film Horor dengan Anak-anak Jadi Tokoh Utama

4. Bunyi Mesin Kasar

Suara mesin yang keras atau bergetar mungkin menandakan bahwa busi mesin perlu diganti. Pasalnya, busi sudah tidak mampu lagi mendistribusikan pembakaran secara merata sehingga menimbulkan suara mesin yang keras. Jika mesin sepeda motor Anda mulai mengeluarkan suara keras, pertimbangkan untuk memeriksa busi.

5. Busi Kotor Atau Berkarat

Sebaiknya Anda juga segera mengganti busi jika terlihat kotor atau berkarat. Busi yang kotor atau berkarat dapat mengganggu fungsi pengapian dan menurunkan performa mesin. 

Oleh karena itu penting untuk rutin mengecek kondisi fisik candle agar hal ini tidak terjadi. Demikian penjelasan mengenai perhitungan jumlah kilometer penggantian busi sepeda motor.

BACA JUGA:Ini Daftar Kendaraan tak Bisa Lagi Gunakan Pertalite, Lengkapnya Cek Disini

BACA JUGA:Info Loker! PT Presisi Tbk Bakal Gelar Walk In Interview di 3 Kota Besar Indonesia, Ini Jadwalnya

Semoga informasi diatas dapat membantu Anda lebih memahami kapan harus mengganti busi agar performa sepeda motor Anda tetap maksimal. Selain informasi lainnya seputar dunia otomotif disini ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: