Tak Hanya Kopi, Ini 5 Minuman yang Mengandung Kafein

Tak Hanya Kopi, Ini 5 Minuman yang Mengandung Kafein

5 Minuman yang Mengandung Kafein --Foto: https://keposiasi.com--

RAKYATBENTENG.COM - Tak sia-sia kopi dipilih sebagai minuman awal sebelum beraktivitas. Lantaran kopi mengandung kafein yang memiliki sifat merangsang sehingga dapat meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf. 

Namun nyatanya kafein tidak hanya terdapat pada kopi, ada minuman berkafein lain selain kopi yang bisa Anda nikmati sebagai alternatif. Apalagi jika Anda memiliki pencernaan yang kurang ramah terhadap kopi.

Tahukah Anda bahwa kafein secara alami terdapat pada daun dan buah-buahan? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kopi bukanlah satu-satunya minuman yang mengandung kafein. Selain itu, bahan ini juga banyak ditemukan pada minuman lain, antara lain sebagai berikut.

BACA JUGA:Butuh Smartphone Tahan Banting untuk Mendukung Aktivitas Ekstrem? Berikut Rekomendasi yang Bisa Dicoba

BACA JUGA:BKN Rilis Update Terbaru Statistik Pelamar CPNS 2024: Pelamar Tembus 2.053.173, TMS 73.705

1. Teh Hitam

Pernahkah Anda mendengar tentang teh hitam? Teh ini terbuat dari fermentasi daun tanaman Camellia sinensis. Daun dan kuncup buah ini sering digunakan untuk membuat teh hijau dan teh oolong. Meski terbuat dari tanaman yang sama, teh hitam memiliki manfaat berbeda. 

Teh hitam merupakan alternatif yang cocok untuk minuman berkafein non-kopi. Pasalnya, teh ini mengandung 2 hingga 4 persen kafein atau sekitar 47 miligram per 8 ons cangkir. 

Selain kafein, teh hitam juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kesehatan jantung.

BACA JUGA:10 Kawasan Pemandian Air Panas Paling Populer di Indonesia

BACA JUGA:5 Pilihan HP Oppo Harga Rp2 Jutaan yang Cocok Buat Kebutuhan Gaming

2. Teh Hijau

Berasal dari tanaman yang sama, teh hijau juga mengandung kafein. Namun jumlahnya relatif kecil, sekitar 29 miligram per cangkir. Kafein dalam secangkir teh hijau juga bisa berbeda-beda tergantung waktu seduh dan jumlah teh yang diseduh. Seperti teh hitam, teh hijau mengandung antioksidan. Faktanya, kandungan antioksidannya lebih tinggi dibandingkan semua jenis teh yang ada. Jumlahnya sekitar 30 persen berat polifenol dan sekitar 80 persen EGCG.

3. Cokelat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: