Penasaran Apa Saja yang Terjadi Menjelang dan Sesudah Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan? Simak Ulasan Berikut

Penasaran Apa Saja yang Terjadi Menjelang dan Sesudah Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan? Simak Ulasan Berikut

Pembacaan teks proklamasi pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur no. 56 Jakarta Pusat --Foto: https://www.aiophotoz.com--

Pagi harinya, pertemuan PPKI tidak dapat terlaksana karena peristiwa Rengasdengklok, penculikan Sukarno dan Hatta. Peristiwa ini dilakukan kelompok pemuda untuk memaksa Sukarno dan Hatta segera memproklamasikan kemerdekaannya.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Tengah Buka 314 Formasi CPNS, Ada 11 Formasi Lulusan SMK, Cek Disini Lengkapnya

BACA JUGA:Samsung Galaxy A54 dan iPhone 11, Mending Mana? Simak Perbandingannya Biar Gak Salah Pilih!

Achmad Subardjo dari kelompok sesepuh yang mengetahui penculikan itu berinisiatif menemui Wikana. Keduanya kemudian sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaannya di Jakarta. Achmad Soebardjo, Sudiro dan Jusuf Kunto kemudian membawa Sukarno dan Hatta ke Rengasdengklok untuk dibawa ke Jakarta.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan dengan pengibaran bendera merah putih dan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan oleh Sukarno didampingi Hatta.

Fakta-Fakta Kemerdekaan Indonesia

Beberapa fakta unik yang terjadi pada hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:Samsung Galaxy A54 dan iPhone 11, Mending Mana? Simak Perbandingannya Biar Gak Salah Pilih!

BACA JUGA:Darah Rendah dan Kurang Darah, Beda atau Sama? Simak Nih Penjelasannya

1. Hari Yang Istimewa

Dikutip dari laman Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, prokmasi kemerdekaan tersebut berlangsung pada hari Jumat yang bertepatan dengan bulan Ramadhan tahun 1366 Hijriah.

2. Jepang Berniat Merampas Dokumentasi Proklamasi

Berdasarkan laman ITS, fotografer Ipphos France Mendoer mengabadikan momen proklamasi kemerdekaan Indonesia. Jepang ingin menyita film fotografi Mendoer.

Mendoer berbohong dan mengatakan bahwa negatif film tersebut telah diberikan kepada Barisan Pelopor. Bahkan, Mendoer menyembunyikan negatif film tersebut di bawah pohon di halaman kantor Asia Raja.

BACA JUGA:Daftar Kepala Badan, Wamen hingga Menteri yang Kena Reshuffle Hari Ini 19 Agustus 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: