Batuk Berdahak atau Berlendir Putih? Kenali Penyebabnya

Batuk Berdahak atau Berlendir Putih? Kenali Penyebabnya

Batuk Berdahak atau Berlendir Putih --Foto: health.grid.id--

RAKYATBENTENG.COM - Batuk merupakan reaksi alami dan merupakan cara tubuh membersihkan saluran pernafasan dari iritan seperti lendir, alergi, atau asap dan mencegah infeksi.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda perlu mengetahui perbedaan lendir dan dahak. Walaupun kata lendir dan dahak berbeda, namun terdapat banyak perbedaan diantara keduanya, berikut perbedaannya.

·       Lendir (mukus) adalah cairan bening berserat yang dihasilkan oleh kelenjar lendir di jaringan yang melapisi hidung, mulut, dan tenggorokan.

·       Dahak (phlegm) adalah bentuk lendir yang dihasilkan oleh paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Dahak menunjukkan adanya peradangan dan iritasi di paru-paru dan saluran udara.

·       Lendir lebih sering dikeluarkan dari hidung, sementara dahak dikeluarkan dari paru-paru lewat batuk.

Banyak penyebab yang dapat membuat batuk yang menghasilkan lendir atau dahak berwarna putih. Inilah beberapa di antaranya.

BACA JUGA:HP Murah Entry Level, Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy F14

BACA JUGA:Selama Bulan Agustus, Berbagai Event Digelar Beberapa Daerah, Event Apa Saja dan Dimana?

1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Infeksi saluran pernapasan atas adalah penyakit yang menyerang paru-paru bagian atas. Ini termasuk hidung, faring, laring, sinus, dan saluran udara besar. Beberapa contoh penyakit tersebut antara lain flu biasa, flu, dan COVID-19. 

Virus dan bakteri dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas dan menyebabkan lebih banyak lendir menumpuk saat tubuh mencoba membersihkannya. Berikut gejala lain mungkin termasuk.

·       Batuk.

·       Bersin.

·       Hidung meler atau tersumbat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: