Kenali 8 Penyakit yang Rentan Terjadi pada Anak Kucing yang Baru Lahir, Nomor 7 Paling Sering Terjadi

Kenali 8 Penyakit yang Rentan Terjadi pada Anak Kucing yang Baru Lahir, Nomor 7 Paling Sering Terjadi

ilustrasi--

Kenali 8 Penyakit yang Rentan Terjadi pada Anak Kucing yang Baru Lahir, Nomor 7 Paling Sering Terjadi

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Kucing merupakan hewan peliharaan yang populer di kalangan banyak orang. Keberadaannya yang lucu dan menggemaskan membuat banyak orang tergoda untuk merawat anak kucing yang baru lahir.

Seperti halnya manusia, anak kucing juga rentan terhadap beberapa penyakit yang dapat memengaruhi kesehatan mereka. Misalnya saja seperti masalah kesehatan mata yang paling dominan terjadi.

Namun, tak hanya itu saja, beberapa masalah kesehatan lainnya juga dapat menyerang si kitten mungil saat baru lahir.

1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Infeksi saluran pernapasan atas adalah masalah umum pada anak kucing yang baru lahir. Gejala umum termasuk bersin, hidung berair, dan sesak napas. ISPA dapat disebabkan oleh berbagai patogen seperti virus herpes feline dan calicivirus. Kebersihan lingkungan, vaksinasi yang tepat, dan perawatan yang baik dapat membantu mencegah infeksi ini.

BACA JUGA:Ini Penampakan BPKB Motor Dinas Kades yang Sempat Dijaminkan Utang, Gerakan Lima Kamis Desak Tarik!

BACA JUGA:UPDATE Penetapan 3 Besar Seleksi Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Bengkulu Tengah

2. Diare

Anak kucing yang baru lahir memiliki sistem pencernaan yang rentan, dan diare adalah masalah umum. Penyebab diare bisa bermacam-macam, mulai dari infeksi bakteri dan parasit hingga perubahan dalam pola makan. Kebersihan kandang dan makanan yang tepat sangat penting untuk mencegah dan mengobati diare pada anak kucing.

3. Hipotermia

Kucing yang baru lahir belum sepenuhnya mampu mengatur suhu tubuh mereka. Hipotermia dapat terjadi jika anak kucing terlalu lama terpapar suhu yang rendah. Penting untuk menjaga suhu lingkungan tetap hangat dan memberikan sumber panas tambahan seperti lampu pijar atau bantal pemanas.

4. Ketidakcukupan Gizi

Nutrisi yang cukup penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak kucing. Kekurangan gizi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk pertumbuhan yang terhambat dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pemberian susu kucing yang diformulasikan khusus dan makanan yang kaya nutrisi dapat membantu mencegah ketidakcukupan gizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: