Tak Ingin Tersesat Saat Mendaki Gunung? Tips Berikut Bisa Diikuti

Tak Ingin Tersesat Saat Mendaki Gunung? Tips Berikut Bisa Diikuti

ilustrasi--

BACA JUGA:Badan Kesbangpol Bengkulu Tengah Makin Menyala! Mantan Kaban Bersitegang dengan Kaban, Ini Pemicunya

Selain itu, pendakian pada malam hari menyebabkan kadar oksigen menurun karena tanaman lebih banyak menyerap oksigen dan membuatnya jadi menipis. Selain itu, yang paling penting Anda juga bisa menghindari hewan liar yang aktif di malam hari.

4. Koordinasi Dengan Teman Mendaki

Koordinasi juga penting. Pendakian gunung dilakukan secara formasi. Tujuannya agar meminimalisir resiko ada yang keluar atau tertinggal dari rombongan. Sangat baik untuk rombongan diatur sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, orang yang hafal jalur dan memahami medan akan berjalan terlebih dahulu, orang tengah adalah yang paling baru, dan orang terakhir kuat fisiknya.

5. Bawa Peralatan Untuk Penanda Jalan

Sebelum berangkat, persiapkan semua perlengkapan Anda, antara lain tenda, kantong tidur, makanan, senter, perlengkapan hujan, perlengkapan memasak, peta, dan GPS. Selain barang-barang tersebut, Anda juga harus membawa sesuatu yang tajam, seperti pisau, untuk menandai titik transisi yang dilewati.

BACA JUGA:Ombudsman Buka Lowongan Besar-besaran Bulan Juli 2024 untuk Lulusan D4, S1 Hingga S2, Ini Persyaratannya

BACA JUGA:HUT Bhayangkara ke-78: Terima Kasih Polri, Teruslah Jadi Garda Terdepan Melindungi dan Mengayomi Masyarakat

6. Gunakan Alat Navigasi

Untuk menghindari kehilangan atau tersesat dari rombongan, Anda dapat menggunakan aplikasi navigasi offline yang dapat Anda buka dengan ponsel cerdas Anda. Aplikasi ini membantu pendaki memilih rute berdasarkan kemampuan mereka, rute alternatif, titik air, dan tempat perkemahan. 

Ada banyak aplikasi yang tersedia seperti GPX Viewer, ViewRanger, Polaris dan Mavic Pro. Namun terkadang GPS juga bisa menjadi kurang akurat terutama di area yang terhalang pepohonan atau tebing terjal. Jadi gunakan GPS sebagai alat dan bukan satu-satunya sumber navigasi Anda.

7. Mengetahui Kemampuan Diri Sendiri

Bahkan jika Anda naik, Anda perlu mengetahui kekuatan Anda. Jangan memaksakannya, karena Anda membahayakan diri sendiri. Lagi pula, tujuan mendaki gunung adalah untuk menghilangkan kepenatan sehari-hari. Sehingga jangan sampai Anda malah menambah masalah dan penat saat berjalan. Dengan persiapan yang matang, Anda akan bisa menikmati keindahan gunung tanpa khawatir tersesat.

BACA JUGA:Oppo A18 Turun Harga Hingga Rp300 Ribuan Pada Juli 2024, Segmen HP Murah yang Semakin Terjangkau!

BACA JUGA:Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Psikiater dan Psikolog dalam Menanggapi Kesehatan Mental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: