Waspadai Penyakit Lupus, Kenali Beberapa Penyebabnya

Waspadai Penyakit Lupus, Kenali Beberapa Penyebabnya

ilustrasi--

BACA JUGA:Horee! Pegawai Non-ASN Juga Mendapatkan Gaji 13 Tahun 2024, Siapa Sajakah?

Tiba - tiba demam : Mengalami demam secara mendadak dan tanpa sebab bisa memicu terhadap penyakit lupus. Biasanya keluhan demam sering hilang dan timbul serta juga bisa terjadi dalam waktu yang lamq.

Mudah mengalami lelah : Lupus bisa menjadikan seseorang yang semula aktif menjadi malas beraktivitas karena tubuhnya yang sangat mudah kelelahan.

Tidak tahan panas matahari : Biasanya seseorang terkena lupus agak sensitif kepada sinar matahari karena kulit para pengidap menjadi mudah mengalami bercak kemerahan dan biasanya bersifat lama. 

Kerontokan pada rambut : Bila rambut mudah rontok bahkan lebih dari ratusan helai setiap hari, mungkin ini bagian dari gejala penyakit lupus dan harus segera ditangani

Mudah timbul ruam kemerahan : Timbulnya ruam berbentuk bulat di beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, lengan, dan tungkai kaki. Biasanya juga mengalami sariawan yang tidak kunjung sembuh, terutama di atap rongga mulut

BACA JUGA:Apa yang Dimaksud dengan Gaya Hidup Sedentari? Kaum Rebahan Wajib Simak!

BACA JUGA:PELNI Buka Loker Nakhoda dan KKM, Berminat? Cek Kualifikasi dan Link Daftar di Sini

Nyeri pada bagian sendi : Jika sendi terasa sakit dan mengalami pembengkakan segeralah untuk diberi perawatan. Biasanya saat buang air kecil yang lebih sedikit dari biasanya, akibat adanya kelainan pada ginjal.

Kondisi tampak lebih lemah dan pucat : Penyakit lupus identik dengan kondisi pucat, mudah lelah, lesu, dan memilliki riwayat transfusi darah berulang. Terlihat tangan dan kaki juga pucat hingga kebiruan saat terkena udara dingin.

Menurut hasil laboratorium dan pemeriksaan dokter. Seseorang berisiko mengidap lupus apabila setelah diperiksa terbukti ada anemia (penurunan kadar sel darah merah), leukositopenia (penurunan sel darah putih), trombositopenia (penurunan kadar pembekuan darah), hematuria and proteinuria (darah dan protein pada pemeriksaan urin), positif ANA dan atau Anti ds-DNA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: