Mau Sekolah di Luar Negeri? Singapura Buka Program Beasiswa untuk Pelajar SMP-SMA Pendaftaran Sampai 25 April

Mau Sekolah di Luar Negeri? Singapura Buka Program Beasiswa untuk Pelajar SMP-SMA Pendaftaran Sampai 25 April

ilustrasi--

Mau Sekolah di Luar Negeri? Singapura Buka Program Beasiswa untuk Pelajar SMP-SMA Pendaftaran Sampai 25 April 2024

RAKYATBENTENG.COM - Informasi bagi pelajar yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri. Pemerintah Singapura melalui Kementerian Pendidikan setempat membuka kesempatan kepada para pelajar dari Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara atau ASEAN untuk menempuh pendidikan setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dilansir dari laman indonesia.go.id,  sejumlah fasilitas penunjang disiapkan. Di antaranya, akomodasi asrama, tunjangan tahunan dan tunjangan menetap, tiket pesawat pulang-pergi untuk kelas ekonomi, biaya sekolah, asuransi kecelakaan, dan tunjangan kesehatan.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar-pelajar berprestasi asal Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Singapura sendiri.

Setiap penerima beasiswa (awardee) nantinya wajib mengikuti kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Singapura.

Para awardee tak hanya menerima pelajaran di dalam kelas saja, karena mereka juga akan diberi kesempatan untuk memperluas wawasan dan mengembangkan keterampilan penting seperti kepemimpinan (leadership), komunikasi, dan bermacam keterampilan hidup (lifeskill) lainnya.

Selain itu, mereka juga berkesempatan mengungkapkan ide-ide dan keinginan serta bertukar pikiran untuk pengembangan kepribadian di masa depan bersama awardee lainnya dari berbagai negara dan pelajar Singapura sendiri tentunya. 

Kementerian Pendidikan Singapura mewajibkan kepada seluruh calon pelamar beasiswa belajar gratis di SMP-SMA negara pulau itu untuk mahir (proficient) berkomunikasi dalam bahasa Inggris, telah mengikuti ujian sekolah, dan memiliki catatan prestasi yang baik dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Selanjutnya, setiap penerima beasiswa nantinya akan menerima sertifikat A-Level GCE Singapore-Cambridge sebagai penanda bahwa mereka telah layak mengikuti pendidikan di Singapura. 

Karena itu, mereka nantinya wajib mengikuti ujian GCE Singapore-Cambridge O-Level dan A-Level. Kementerian Pendidikan Singapura akan mengevaluasi setiap awardee berdasarkan performa mereka dalam mengikuti pendidikan dan kegiatan selama menjalani beasiswa.

Kementerian Pendidikan Singapura telah menyediakan sejumlah fasilitas penunjang sebagai penghargaan kepada awardee seperti akomodasi asrama, menerima tunjangan tahunan dan tunjangan menetap yang besarannya ditentukan kemudian, tiket pesawat pulang-pergi untuk kelas ekonomi, biaya sekolah, biaya ujian GCE Singapore-Cambridge O-Level dan A-Level.

BACA JUGA:Dilaksanakan Setelah Lebaran Idulfitri, Ini 5 Keutamaan Puasa Sunnah Syawal, Salah Satunya Raih

BACA JUGA:Sekda Bengkulu Tengah Rachmat Riyanto Sampaikan Ucapan Selamat Idulfitri

Penerima beasiswa juga bakal mendapatkan tunjangan kesehatan bersubsidi serta perlindungan asuransi kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: