Seleksi CASN Kemenag 2024: Buka 110.553 Formasi, Ada Guru Madrasah, Penyuluh, Penghulu Hingga Dosen

Seleksi CASN Kemenag 2024: Buka 110.553 Formasi, Ada Guru Madrasah, Penyuluh, Penghulu Hingga Dosen

Ilustrasi--

Seleksi CASN Kemenag 2024: Buka 110.553 Formasi, Ada Guru Madrasah, Penyuluh, Penghulu Hingga Dosen

RAKYATBENTENG.COM - Kabar gembira. Kementerian Agama (Kemenag) akan membuka ratusan ribu formasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024. Kepastian ini didapat usai Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas seusai bertemu Menag Yaqut Cholil Qoumas, Senin 1 April 2024. 

Kementerian PANRB menyerahkan izin formasi sebanyak 110.553 calon ASN di lingkungan Kementerian Agama. Terdiri atas 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK. Jumlah formasi ini tercatat sebagai formasi terbesar sepanjang sejarah.

“Alhamdulillah, hari ini melalui kolaborasi yang erat dengan Kemenag, setelah melihat berbagai terobosan program serta penataan SDM dan kelembagaan yang sudah dilakukan Kemenag, kita setujui formasi sebanyak 110.553 ASN di Kemenag,” ujar Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas seusai bertemu Menag Yaqut Cholil Qoumas, Senin 1 April 2024 melansir dari website resmi menpan.go.id.

Anas mengatakan, Kementerian PANRB dan Kemenag telah membahas sejumlah formasi, seperti untuk guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dosen perguruan tinggi keagamaan negeri, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, dan penempatan di IKN.

Misalnya untuk guru madrasah, sekolah Kristen, dan sekolah Katolik, lanjut Anas, jumlah formasinya akan mencapai puluhan ribu, yang kini sedang didetilkan oleh Kemenag. 

“Selain itu, disiapkan ribuan formasi masing-masing untuk penyuluh agama dan penghulu. Juga ada ribuan formasi untuk dosen di kampus keagamaan, sebagai komitmen negara untuk terus mendukung pendidikan keagamaan,” ujar Anas yang juga mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

BACA JUGA:Oknum ASN Bengkulu Tengah Terseret Pusaran Kasus Dugaan Korupsi, Terancam Lebaran di Dalam Sel?

BACA JUGA:Camat Diminta Tak Akomodir 2 Nama Peraih Nilai Terendah Seleksi Calon Sekdes Karang Tinggi

Anas memaparkan, berbagai formasi di lingkungan Kemenag memiliki peran penting dalam memberikan wawasan terkait program pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Sebagai contoh, pelibatan penyuluh agama dan penghulu untuk menjembatani program prioritas pembangunan dengan masyarakat. 

“Misalnya penghulu bisa menekankan soal penanganan stunting ke calon pengantin. Kemudian penyuluh agama tentu saja harus terus intens mendorong moderasi beragama,” tuturnya.

Selain itu, Anas juga mengapresiasi Kemenag telah mengalokasikan formasi untuk talenta digital dan penempatan IKN. 

“Tadi saya lihat bagus sekali Pak Menag sudah siapkan untuk IKN. Lalu untuk talenta digital juga penting karena ada banyak transformasi digital di Kemenag seperti untuk layanan haji, umroh, dan sebagainya,” papar Anas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: