KABAR GEMBIRA Buat Honorer dan Dosen! Kemendikbudristek Buka 40.541 Formasi CASN Tahun 2024, Ini Rinciannya

KABAR GEMBIRA Buat Honorer dan Dosen! Kemendikbudristek Buka 40.541 Formasi CASN Tahun 2024, Ini Rinciannya

Menteri Dikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim--

KABAR GEMBIRA Buat Honorer dan Dosen! Kemendikbudristek Buka 40.541 Formasi CASN Tahun 2024, Ini Dia Rinciannya 

RAKYATBENTENG.COM - Kabar gembira buat para tenaga Non ASN/Honorer dan juga dosen. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan izin formasi sebanyak 40.541 calon ASN di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Formasi tersebut terdiri atas 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK.

“Ada beberapa poin penting yang menjadi titik tekan. Pertama, formasi ini menjadi bagian dari upaya penuntasan tenaga non ASN/honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek, selain tentu formasi dalam skema luas di dunia pendidikan yang juga tersebar di Pemda,” ujar Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas seusai bertemu Mendikbudristek Nadiem Makarim, Senin 1 April 2024 seperti dilansir dari menpan.go.id.

Poin kedua, lanjut Anas, adalah pemenuhan kebutuhan SDM di lingkungan perguruan tinggi, termasuk para dosen.

Anas mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, alokasi formasi untuk dosen di perguruan tinggi negeri sangat terbatas. Padahal, di sisi lain, jumlah mahasiswa terus meningkat.

“Tahun ini sesuai arahan Bapak Presiden, formasi untuk dosen diharapkan bisa optimal. Sudah kami diskusikan detil dengan Pak Nadiem Makarim, termasuk kami memberi saran soal beberapa teknis seleksi agar bisa menyerap jumlah formasi dosen secara optimal,” ujar mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut.

BACA JUGA:Buat Pegawai Pemkab Bengkulu Tengah Khususnya Pejabat Simak Nih Imbauan Pj Bupati Heri Roni dan Sekda Rachmat

BACA JUGA:Daftar Kerusakan pada Jalan Inpres Kabupaten Bengkulu Tengah Senilai Rp28.567.979.000

BACA JUGA:Kegiatan Ketahanan Pangan di Desa Kecamatan Pondok Kubang Diduga Janggal Disorot Aktivis Golbe

Ketiga, sambung Anas, adalah pemenuhan formasi untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Anas menyampaikan, arah kebijakan pengadaan CASN tahun 2024 adalah fokus pada pelayanan dasar, yaitu guru dan tenaga kesehatan. Kemudian seoptimal mungkin menyelesaikan permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah.

Arah kebijakan selanjutnya adalah dengan merekrut talenta-talenta baru (fresh graduate) melalui seleksi CPNS. Terakhir, mengurangi sedapat mungkin rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Sementara itu, Menteri Dikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan apresiasi atas dukungan Kementerian PANRB dalam berbagai upaya penataan manajemen SDM sektor pendidikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: