Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Tanggal

Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Tanggal

ilustrasi--

BACA JUGA:Diperintahkan Hitung Ulang Surat Suara Tidak Sah DPRD Kabupaten di 5 TPS, KPU Bengkulu Tengah Tunggu

BACA JUGA:Tarawih dan Tadarus di Bulan Ramadan 2024 Dilarang Pakai Pengeras Suara Luar Tempat Ibadah, Ini Dasarnya

Jika ketiga syarat tersebut terpenuhi maka akan ditemukan bulan sabit, dan sejak terbenamnya bulan sabit akan terbenam. 

Sebaliknya jika salah satu dari ketiga syarat tersebut tidak terpenuhi, maka kita katakan: “Bulan sabit belum ditemukan”, dan bila matahari terbenam keesokan harinya, bulan baru belum terbenam dan bulan sembilan belum terbenam.

Jika ketiga syarat ini terpenuhi, maka kriterianya adalah matahari terbenam berikutnya. 

Bulan suci Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Minggu tanggal 29 Syukban 1445 H, bertepatan dengan tanggal 10 Maret 2024 M pukul 16:07:42 Waktu Indonesia Barat. 

Pertemuan ini terjadi serentak di seluruh permukaan bumi, dan waktunya hanya bergantung pada jam di tempat tersebut. Berdasarkan data WIB (Waktu Indonesia Barat), pertemuan tersebut berlangsung pada pukul 13.00.

16:07:42 mempunyai arti yang sama dengan 12:07·:42 WAS (waktu Arab Saudi) karena perbedaan waktu antara WIB dan Arab Saudi adalah 4 jam. 

Artinya syarat pertama sudah terpenuhi, jadi tinggal menguji kriteria kedua dan ketiga. Kriteria yang kedua adalah mudah diketahui, jika pertemuan terjadi pada pukul 16:07:42 tengah malam, maka dapat dipastikan terjadi sebelum matahari terbenam pada hari dan tanggal yang bersangkutan. 

BACA JUGA:Kades se-Bengkulu Tengah Jangan Kegirangan Terima Hibah Motor Dinas Baru, Tunggu Giliran Dipanggil APH

BACA JUGA:Polda Ambil Keterangan Saksi Pelapor Terkait Dugaan Rekayasa Nilai PDSS SMAN 5 Kota Bengkulu

Matahari terbenam di Yogyakarta pada pukul 17:55:25 WIB hari itu. 

Kriteria ketiga juga terpenuhi karena menurut perhitungan tersebut, saat matahari terbenam di Yogyakarta pada 10 Maret 2024, bulan masih terbenam.

Ketinggian di atas ufuk adalah 00° 56' 28", yang berarti saat matahari tepat, bulan belum muncul. Setelah mengendap, bulan baru muncul. 

Oleh karena itu, semua kondisi yang diperlukan terpenuhi dan karena ketiga kondisi ini telah terpenuhi, maka tanggal 1 ditetapkan Bulan Ramadhan 1445 H dimulai saat matahari terbenam pada tanggal 10 Maret 2024 dan peralihannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: