Gemar Minum Kopi? Kenali Jenis-jenis Kopi yang Terkenal di Dunia

Gemar Minum Kopi? Kenali Jenis-jenis Kopi yang Terkenal di Dunia

ilustrasi--

BACA JUGA:Ada yang di Atas Rp1 Miliar, Ini Daftar Lengkap Dana Desa di Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah 2024

BACA JUGA:Digelar Tanggal 10 Maret 2024 Secara Hybrid, Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan akan Melibatkan

2. Kopi Robusta

Kopi robusta pertama kali ditemukan di negara Kongo. Kopi robusta dapat tumbuh baik di ketinggian 400-700 m dpl (diatas permukaan laut) dengan suhu 21-24 derajat celcius. 

Kopi robusta dikenal memiliki daya tahan terhadap serangan penyakit karat daun. Secara umum, kopi robusta membutuhkan waktu 10-11 bulan untuk proses pembuahan mulai dari bunga hingga menjadi buah.

Kelemahan dari kopi robusta adalah memiliki rasa yang kurang mantap dan cenderung lebih pahit jika dibandingkan dengan kopi arabika. 

Selain itu, kopi robusta memiliki harga jual lebih murah dibandingkan dengan kopi arabika. Di Indonesia kopi robusta dikenal juga dengan kopi murah.

BACA JUGA:Tak Hanya Sebagai Sayuran, Tomat juga Memberikan Manfaat untuk Kesehatan Otak, Emang Bisa?

BACA JUGA:Tak Terima Dianiaya Mantan Pacar, Mahasiswi Palembang Gandeng Kuasa Hukum Lapor Polisi

3. Kopi Liberika

Kopi liberika pertama kali ditemukn di Liberia, Afrika barat. Kopi liberika dapat tumbuh cukup tinggi hingga sekitar 9 meter dari tanah. 

Tanaman Kopi Liberika memiliki ukuran daun, bunga, cabang, buah, dan pohon yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis arabika dan robusta. 

Selain itu, kopi liberika dikenal cukup rentan terhadap serangan penyakit HV Hemileia vastratix atau penyakit karat daun.

Kopi liberika juga dikenal memiliki kualitas buah yang relatif rendah, tapi mampu berbuah sepanjang tahun dan dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah. Di Indonesia kopi liberika yang pernah didatangkan adalah bervarietas Ardoniana dan Durvei.

4. Kopi Ekselsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: