Gemar Minum Kopi? Kenali Jenis-jenis Kopi yang Terkenal di Dunia

Gemar Minum Kopi? Kenali Jenis-jenis Kopi yang Terkenal di Dunia

ilustrasi--

Gemar Minum Kopi? Kenali Jenis-jenis Kopi yang Terkenal di Dunia 

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Kopi merupakan salah satu tanaman yang terkenal di dunia, hal ini karena bijinya dapat diolah menjadi minuman yang sangat popular bahkan menjadi sebuah ritual untuk minum kopi setiap harinya bagi para penikmat kopi. 

Di dunia, diketahui terdapat 25 jenis kopi yang buahnya paling komersil, tapi hanya 4 jenis kopi yang paling terkenal di dunia. 

Keempat jenis kopi tersebut yang terkenal tersebut adalah kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika, dan kopi ekselsa. 

Simak rangkuman keempat jenis kopi yang paling populer yang telah kami rangkum berikut ini.

BACA JUGA:Jalan Inpres Rp28 Miliar di Bengkulu Tengah Belum Seluruhnya Hotmix, BPJN Beberkan Penyebabnya

BACA JUGA:Aksi Unik 2 Aktivis Ormas Bentuk Protes ke KPU Bengkulu Tengah: Pemilu Luber Jurdil, Cayo Dak Yo!

1. Kopi Arabika

Berasal dari negara Brazil, kopi arabika diketahui merupakan jenis kopi pertama yang ditemukan dan dibudidayakan oleh manusia hingga saat ini.

Tanaman kopi arabika memiliki ciri perakaran yang lebih dalam, daun tipis, percabangan tanaman lentur, ukuran biji kecil memiliki warna hijau tua hingga merah gelap. 

Tanaman kopi arabika membutuhkan waktu 9 bulan untuk berbunga dan berbuah. Tanaman ini biasanya tumbuh di ketinggian 700-1700 mdpl (diatas permukaan laut) dengan suhu dari 16-20 derajat celcius.

Kopi jenis arabika memiliki kelemahan rentan terhadap serangan penyakit HV Hemileia vastratix atau penyakit karat daun. Tapi, kualitas biji lebih baik dari kopi liberika dan robusta. 

Selain itu, kopi jenis arabika sangat terkenal memiliki rasa yang nikmat dan aroma yang sedap dan kuat.

Saat ini, kopi arabika paling banyak diperdagangkan di dunia karena permintaan yang tinggi dan harganya pun jauh lebih tinggi dari pada jenis kopi lainnya. Di Indonesia, perkebunan kopi arabika bisa kita temukan mulai dari aceh hingga papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: