Tak Hanya Sebagai Sayuran, Tomat juga Memberikan Manfaat untuk Kesehatan Otak, Emang Bisa?

Tak Hanya Sebagai Sayuran, Tomat juga Memberikan Manfaat untuk Kesehatan Otak, Emang Bisa?

ilustrasi--

Ini disebabkan oleh kandungan likopen dalam tomat yang diyakini dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan mengurangi pembentukan bekuan darah yang dapat menyumbat aliran darah ke otak.

4. Menyokong Kesehatan Jantung

Kesehatan otak dan jantung sering kali saling terkait, ini menjadi sebuah gambaran bahwa tomat dapat memberikan manfaat bagi keduanya.

Kandungan kalium dan serat yang tinggi dalam tomat dapat membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal, sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah, yang juga dapat berdampak pada kesehatan otak.

BACA JUGA:Tak Terima Dianiaya Mantan Pacar, Mahasiswi Palembang Gandeng Kuasa Hukum Lapor Polisi

BACA JUGA:Wow! Bawaslu Terima 1.116 Laporan dan 606 Temuan Pelanggaran Selama Pemilu 2024

5. Meningkatkan Mood

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi tomat secara teratur dapat berkontribusi pada peningkatan mood dan mengurangi risiko depresi.

Hal ini mungkin terkait dengan kandungan nutrisi dalam tomat yang dapat memengaruhi produksi neurotransmiter di otak, seperti serotonin yang dikenal sebagai "hormon kebahagiaan".

Meskipun klaim tentang manfaat tomat untuk kesehatan otak terdengar menarik, penting untuk diingat bahwa hasil-hasil penelitian ini masih dalam tahap awal dan membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi secara pasti.

Selain itu, manfaat yang diperoleh dari konsumsi tomat juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti pola makan secara keseluruhan dan gaya hidup yang sehat.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: