Kentang Ternyata Dapat Memiliki Dampak Buruk Jika Salah Dalam Mengolahnya, Berikut Tips Mengolah Kentang

Kentang Ternyata Dapat Memiliki Dampak Buruk Jika Salah Dalam Mengolahnya, Berikut Tips Mengolah Kentang

ilustrasi--

BACA JUGA:Ramadan 2024 Sebentar Lagi, Kemenag Telah Tetapkan 134 Titik Pemantauan Hilal, Berikut Lokasinya

BACA JUGA:Sempat Ricuh, Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kecamatan Ini Berjalan Kondusif

4. Mengonsumsi kentang dalam kondisi dingin, ternyata sangat baik. Karena dapat membuat kita memperoleh lebih banyak zat pati resisten dari pada mengonsumgi kentang panas.

5. Memasak kentang dengan cara mencampur bahan makanan sehat lainnya, seperti wortel, seledri, buncis, telur, ataupun daging, ternyata juga sangat baik. Hal ini dapat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

6. Sebelum memasak kentang, kita harus membersihkan kentang secara baik dengan cara digosok di bawah air mengalir hingga kotoran pada kentang hilang. 

Jika kita ingin menyimpan kentang, kita bisa memilih tempat yang tidak terkena cahaya dan jauh dari kompor atau oven yang bisa menyebabkan kentang menjadi hangat atau panas.

Secara umum, manfaat kentang dengan kandungan nutrinsinya bisa didapatkan oleh semua orang. Namun, kentang juga merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki indeks glikemik yang tergolong tinggi, sehingga kurang cocok dikonsumsi secara berlebih bagi penderita diabetes.

BACA JUGA:Kurun 4 Hari Jumlah Penyelenggara Pemilu yang Sakit 4.567 Orang, Meninggal Dunia Sebanyak

BACA JUGA:Logistik Pemilu Nginap di Depan Kantor Bawaslu Bakal ke DKPP, Ketua KPU Bengkulu Tengah Sulit Dihubungi

Selain itu, kentang juga mengandung fitonutrien beracun yang disebut glikoalkaloid. 

Meski cukup jarang terjadi, kandungan ini dapat menimbulkan efek samping ringan terhadap tubuh seperti sakit kepala, sakit perut, mual, muntah, dan diare. 

Bahkan beberapa orang juga mungkin bisa mengalami alergi terhadap patatin yang merupakan jenis protein yang terkandung di dalam kentang.

Manfaat kentang tentunya akan bisa kita peroleh secara lebih maksimal jika diikuti dengan konsumsi makanan sehat lainnya.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: