Selain Alpukat dan Semangka, Buah-buahan Ini Ampuh Menurunkan Darah Tinggi

Selain Alpukat dan Semangka, Buah-buahan Ini Ampuh Menurunkan Darah Tinggi

Ilustrasi--

Selain Alpukat dan Semangka, Buah-buahan Ini Ampuh Menurunkan Darah Tinggi

RAKYAT BENTENG.COM - Hipertensi atau tekanan darah tinggi jadi salah satu persoalan kesehatan yang banyak dialami masyarakat, tak hanya di Indonesia namun juga di dunia. 

Adapun gejala umum yang dirasakan oleh penderita darah tinggi mulai dari sakit kepala, pusing, gelisah, mual, dan muntah, pandangan menjadi kabur hingga kelelahan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut buah-buahan penurun darah tinggi yang dapat dicoba di rumah:

1. Jeruk

Melansir dari Healthline, jeruk bisa membantu menurunkan tekanan darah. Buah ini kaya akan vitamin, mineral dan senyawa tumbuhan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

2. Pisang

Mengandung tinggi kalium, pisang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

Mengutip situs Puskesmas Kabupaten Kubu Raya, kandungan kaliumnya mampu membantu menstabilkan tekanan darah, terutama dalam proses sekresi natrium dan air dalam darah. Natrium sendiri merupakan salah satu yang memicu peningkatan volume tekanan darah.

3. Kiwi

Buah kiwi dikenal tinggi akan vitamin C dan mengandung nutrisi lainnya yang terlibat dalam pengaturan tekanan darah, termasuk serat, potasium dan magnesium. 

Kiwi juga mengandung senyawa polifenol dan antioksidan nabati. Hal ini yang membuat peneliti yakin bahwa buah kiwi bisa membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

4. Semangka

Semangka mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Buah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: